informasi pariwisata dan budaya di Sumatera Utara

Fungsi Public Relations


Fungsi kerja Public Relations

1. Pemprograman (Programming), menganalisis masalah dan peluang, mendefenisikan tujuan dan publik, serta merekomendasikan dan merencanakan kegiatan.

2. Hubungan (Relationship), seorang PR yang sukses adalah mereka yang mengembangkan kemampuan dalam mengumpulkan informasi dari manajemen, kolega, didalam organisasi mereka dan sumber sumber eksternal untuk memperkuat ikatan organisasi mereka dengan kelompok eksternal seperti dengan media, pimpinan komunitas, investor dan lain-lain.

3. Penulisan dan pengeditan (Writing & Editing), bahasa tulis sering menjadi alat yang penting dalam membuat laporan, merilis berita, buklet, pidato, artikel, newsletter baik kepada personel organisasi maupun ke pihak luar organisasi. Oleh karna itu gaya penulisan yang jelas adalah sebuah keharusan dalam PR agar pesan terkomunikasikan secara efektif.

4. Informasi (Information), tugas penting dari PR adalah berbagi informasi dengan surat kabar yang sesuai, siaran radio, editor penerbitan untuk memasukkan kepentingan mereka dalam sebuah publikasi berita atau fitur dari sebuah organisasi.

5. Produksi (Production), beragam publikasi laporan khusus film dan progam multimedia merupakan cara-cara yang penting dalam berkomunikasi. Praktisi PR tidak perlu ahli dalam hal seni, tata letak, tipografi, dan fotografi, tetapi dia harus memiliki latar belakang yang cukup dalam hal pengetahuan teknis agar mereka dapat merencanakan dengan cerdas menyupervisi kegunaan berbagai bentuk media komunikasi tersebut.

6. Acara Spesial (Special Event), konferensi berita, pameran konvensi, dan pertunjukkan khusus, program lomba dan pemberian penghargaan adalah beberapa event spesial yang dapat digunakan untuk memperoleh perhatian dan penerimaan publik dimana membutuhkan perencanaan, koordinasi yang matang

7. Berbicara (Speaking), semua pekerjaan PR sering membutuhkan komunikasi tatap muka mencari platform yang cocok menyampaikan pidato, dan mempersiapkan pidato untuk orang lain.

8. Riset dan Evaluasi (Research and Evaluation), semua pekerjaan PR didukung dan didasari oleh riset tentang isu, organisasi, masyarakat, kompetisi, dan akan menghabiskan banyak waktu dalam memasukkan hasil riset mereka sebagai pertimbangan dalam pernyataan resmi organisasi, kampanye komunikasi.

No comments:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....