5 Tempat Wisata Di Pangururan

1. Aek Rangat

 Pemandian Air Panas dengan kandungan unsur belerang yang tinggi, berjarak 3 KM dari Kota pangururan
Terusan Tano Ponggol, terusan yang memisahkan Pulau Samosir dengan Pulau Sumatera yang dibuat oleh Kolonial Belanda dan sampai sekarang masih berfungsi.

2. Patung Liberty Malau 

Sebuah Tugu peringatan perjuangan seorang untuk mengenang pejuang angkatan 45 dari Pulau Samosir yang membantu kemerdekaan Republik Indonesia. Tugu Kolonel Liberty Malau yang terletak di persimpangan pintu masuk Kota Pangururan merupakan sebuah tugu yang dibuat sebagai peringatan perjuangan pahlawan angkatan 45 yang berasal dari tanah Batak pada masa revolusi kemerdekaan Republik Indonesia sekitar tahun 1948. Tugu ini diresmikan pada tanggal 2 Mei 1992 oleh Raja Inal Siregar, Gubernur Sumatera Utara pada masa itu. Selain itu, tugu tersebut juga ditandatangani oleh seorang Purnawiraan TNI AD yang berasal dari daerah Samosir, yaitu Mayjen TNI AD (Purn) A.E Manihuruk selaku ketua umum panitia pembangunan tugu tersebut.


3.Open Stage


Sebuah bangunan panggung terbuka yang berada di tengah Kota Pangururan sebagai tempat atraksi seni dan budaya.
 
4.Komunitas Tenun Ulos Batak


kelompok masyarakat yang mengerjakan tenun tradisional ulos batak di desa Lumban Suhi-suhi berjarak + 4 Km dari Kota Pangururan.

5. Pesanggrahan Pangururan


Merupakan peninbggalan kolonial belanda, dan pada saat ini telah digunakan sebagai tempat tinggal bupati samosir

1 komentar:

  1. Mantap. Kami bulan lalu ke Samosir. Namun karena keterbatasan waktu, kami dari Tomok sampai Simanindo saja, tidak sempat ke Pangururan.

    ReplyDelete

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....