PEMANDIAN ALAM BATU NONGOL


Objek wisata Batu Nongol adalah nama wisata alam/sungai yang berada di perbatasan Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan. Objek wisata ini berada di suatu alur sungai yakni sungai Hulistik atau Sungai Bah Bolon yang mengalir dari pegunungan di Kabupaten Simalungun melintasi wilayah Kabupaten Serdang Bedagai. Objek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan/transportasi darat berjarak tempuh 90 KM dari kota Medan atau 40 KM dari Sei Rampah (ibukota Kabupaten Serdang Bedagai) melalui rute Medan - Pematang Siantar.
Jalan menuju lokasi objek wisata Batu Nongol cukup baik. Lokasi objek wisata Batu Nongol dapat ditempuh melalui Kota Tebing Tinggi ke arah Perkebunan Gunung Pamela atau dari Simpang Bajalinggi Kebun Gunung Para. Transporasi yang dapat digunakan adalah mobil pribadi, sepeda motor atau angkutan penumpang umum.
Di Batu Nongol, alur sungai Hulistik telah ditata sedemikian baik sehingga sebahagian sangat cocok untuk pemandian anak-anak dan airnya berombak. Alur sungai berombak yang dikhususkan sebagai tempat berlatih arung jeram untuk anak-anak dan remaja ini sangat ramai diminati pengunjung. Dengan kondisi yang sudah tertata itu sungai ini semakin menarik terutama untuk rekreasi keluarga.
Pondok-pondok santai, gelanggang permainan dan restoran tersedia bagi pengunjung. Jalan setapak di pinggir areal perkebunan di sepanjang tepi sungai membuat pengunjung betah berekreasi sambil menikmati udara segar dan menyaksikan aneka jenis burung yang bebas berkeliaran di sekitar pepohonan. Restoran di kawasan objek wisata Batu Nongol menyajikan makanan menarik ”Ikan Cen-cen” sejenis ikan air tawar yang hidup di sungai berarus deras dan berbatu-batu. Ikan cen-cen ini sangat enak dan gurih rasanya.
Bermain roda pelangi sangat mengasyikkan. Pada saat putaran roda membawa anda ke puncak, pemandangan alam yang sangat indah di sekitar kawasan ini dapat anda saksikan dengan leluasa. Ingin melihat kebun rambung dan proses penyadapan getah rembung (bahan baku karet), anda dapat melihatnya sambil berjalan-jalan di atas jalan setapak. Anda dapat menikmati kesegaran alam perkebunan dan melihat para buruh kebun menyadap getah untuk di bawa ke pabrik pengolahan karet. Di pinggir sungai tersedia pondok-pondok santai dimana pengunjung bersama keluarga dapat menikmati rekreasi yang menyenangkan sekali.

sumber
http://www.serdangbedagaikab.go.id

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....

Traveling Medan Comm

PariwisataSUMUT Instagram