10 Tempat Wisata Di Sumatera Utara

Medan adalah kota yang memiliki sejuta keindahan panorama alam dan sejarah. Ibu kota Sumatera Utara ini memiliki ratusan tempat bersejarah dan heritage yang sangat patut untuk dikunjungi. Tak hanya itu, Medan juga menjadi surga bagi para pecinta kuliner. Terdapat ribuan jenis masakan khas dari seluruh kabupaten di Sumatera Utara yang dapat ditemukan di kota Medan sehingga boleh dikatakan bahwa Medan merupakan Miniatur dari Pariwisata Sumatera Utara. Selaian itu banyak pula tempat-tempat eksotis yang wajib anda kunjungi, berikut ini adalah 10 tempat yang wajib anda kunjungi ketika anda berwisata di Sumatera Utara dan Medan.
1. Danau Toba
Berbicara soal Sumatera Utara dan Medan sebagai ibukota, juga berbicara Danau Toba. Danau yang letaknya tidak jauh dari kota Medan ini menjadi salah satu ikon Pariwisata di Sumatera Utara. Maka sangat tidak pantas kalau tak lengkap ke Medan dan tidak mengunjungi Danau Toba. Danau Toba menawarkan pemandangan alam yang begitu eksotis, dengan perbukitan yang mengelilingi danau dan sejuknya udara pegunungan. Danau Toba juga adalah tempat yang cocok bagi anda untuk melepas lelah dan bersantai menikmati semilir angin dan pesona Sumatera Utara. Bila berminat mengeksplorasi, anda dapat mengelilingi danau dengan perahu atau sampan yang disewakan. Selain itu terdapat juga fasilitas penunjang lainnya seperti kafe, penginapan, dan rumah makan yang melengkapi wisata anda. Tak heran tempat yang satu ini menjadi incaran pelancong yang singgah di Medan dan menjadi tempat ke 3 di Indonesia yang kerap dikunjungi.
2. Bukit Lawang
Bukit Lawang, sebuah destinasi wisata kabupaten Langkat yang berlokasi di kaki Gunung Leuser. Tempat ini merupakan salah satu pusat rehabilitasi bagi orang utan di Sumatera Utara. Bukit lawang merupakan areal perbukitan dengan pepohonan yang hijau, sungai dengan air yang jernih sehingga cocok untuk bersantai dan melepas penat dari pekerjaan sehari-hari. Tempat wisata di Sumatera Utara yang populer ini memang sangat indah sehingga sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan tiap tahunnya, selain dapat melihat orang utan, di sini para pelancong juga sering berenang dan berendam di aliran-sungai Bahorok, Sungai Bahorok yang merupakan sungai terbesar di kawasan ini sangat cocok dijadikan wisata air seperti tubbing. Para pengunjung dapat menikmati derasnya aliran sungai Bahorok sambil meluncur di atas ban karet yang dapat memacu adrenalin anda.
3. Air Terjun Dua Warna
Wisata alam yang eksotis dan unik ini terletak di kecamatan Sibolangit, kabupaten Deli Serdang. Namanya Air Terjun Dua Warna. Air Terjun Dua Warna terletak di kawasan hutan di Gunung Sibayak. Lokasinya masih asri dan jauh dari kerusakan alam, pemandangan di sekitar air terjun Dwi Warna dipenuhi pepohonan hijau dan bebatuan. Udara di sekitar kawasan ini sangat sejuk dan suasanannya pun tenang sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tak jarang terlihat pemandangan beberapa hewan khas yang melintas di daerah ini. Eksotisnya Sumatera Utara, pemandangan air terjun dengan warna biru dan hijau ini dapat menenangkan pikiran anda. Anda juga dapat relaksasi di bawah derasnya aliran air di sini.
4. Pulau Samosir















Pulau Samosir, Danau Toba merupakan objek wisata yang dijadikan sebagai icon pariwisata Sumatera Utara, ramai dikunjungi wisatawan sepanjang tahun. Pulau Samosir terletak tidak jauh dari Danau Toba tepatnya berada ditengah danau. Pemandangan alam di Pulau Samosir ini selalu mampu memukau turis asing maupun lokal untuk datang berkunjungi. Di Pulau Samosir terdapat tempat-tempat menjual aksesoris dan pernak-pernik khas Sumatera Utara tepatnya di Tomok. Ada patung, gelang, ulos, baju dan lain-lain. Yang unik lagi, di pulau samosir ini terdapat dua buah danau kecil di puncaknya yakni danau Sidhoni. Perbukitan hijau, perairan danau yang jernih, dan udara yang segar dan jauh dari polusi menghiasi pulau kecil di tengah Danau Toba yang dijuluki Tano Debata ini.
5. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling merupakan perbukitan di kecamatan Berastagi kabupaten Karo. Bukit Gundaling merupakan sebuah tempat wisata dengan legenda menarik, takjarang para wisatawan berkunjung karena tertarik dengan legendanya yang mengkisahkan hubungan seorang pria dan wanita yang berbeda negara dan merupakan cinta terlarang tanpa restu dari orangtua. Bukit Gundaling memiliki ketinggian 1575 meter di atas permukaan laut. Dari puncak bukit Gundaling, anda dapat melihat pemandangan lalu lintas di kota Berastagi. Anda juga dapat menyaksikan matahari terbit atau sunrise dan tenggelam atau sunset yang menakjubkan dari atas bukit ini. Jalanan di bukit ini tidak terlalu terjal sehingga bagi pengunjung yang ingin mendaki bukit ini tidaklah sulit. .
6. Green Hill City

Tempat wisata ini adalah kawasan  yang cocok saat anda berlibur bersama keluarga di Medan. Kawasan Green Hill City  merupakan sebuah taman dan perumahan elit. Di dalamnya terdapat fasilitas arena bermain untuk keluarga yaitu Green Hill Park. Ada waterpark, waterboom, dan aneka wahana menarik lainnya seperti Roller Coaster, Kincir Raksasa, dan lain-lain. Green Hill City terletak di Kecamatan Sibolangit. Letaknya berada persis di kawasan pegunungan, sehingga suasanannya terasa sangat sejuk. Di Green Hill Park  terdapat arena untuk bermain bagi balita juga jadi memang layak untuk wisata keluarga. Nah... jadi jangan lewatkan tempat ini jika anda berkunjung ke Medan.
7. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso terletak di kecamatan Merek, kabupaten Karo, provinsi Sumatera Utara. Pemandangan Air Terjun Sipiso-piso adalah keindahan tiada tara dan menakjubkan di tanah Karo. Pesona alam sekitar yang  hijau dengan udara yang segar dan bebas polusi akan membuat tubuh anda terasa begitu segar. Air Terjun Sipiso-piso terkenal karena keunikannya yang berbentukseperti pisau, selain itu dengan ketinggiannya yang mencapai 100 meter menjadikan tempat wisata ini menjadi salah satu trade marak pariwisata kabupaten karo.
8. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak atau Gunung Raja merupakan gunung yang masih aktif yang berada di kecamatan Berastagi kabupaten karo, jarak dari kota Medan menuju Gunung Sibayak dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Medan. Gunung Sibayak memiliki keunikan tersendiri pada kawahnya. dimana terdapat bebatuan yang dapat mengeluarkan asap di sekitar kawah gunung ini. Gunung Sibayak memiliki ketinggian kurang lebih 2.094 di atas permukaan laut dan ukuran kawahnya berdiameter 200 meter. Gunung Sibayak mampu menarik minat wisatawan baik lokal  maupun internasional karena bila berada di puncak gunung ini maka dapat terlihat pemandangan kota Medan dan Berastagi amat  jelas. Disini tak jarang juga dilakukan pendakian massal dan aksi bersih gunung Sinabung. Selain itu anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit atau sunrise dan tenggelam atau sunset di kota Medan dari puncak gunung Sibayak. 2 Gunung lainnya di kabupaten karo adalah Gunung Sinabung dan Gunung Sibuaten.
9. Danau Siombak

Berbeda dengan Danau Toba yang sudah mahsyur dan terkenal hingga ke luar negeri dan menjadi danau terbesar di Asia Tenggara. Danau Siombak ukurannya lebih kecil dan lebih dangkal, namun tak kalah dengan Danau Toba pemandangannya yang begitu memuakau. Danau Siombak  terletak di kota Medan Marelan, dapat ditempuh hanya dengan 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan dari kota Medan baik roda dua maupaun roda empat. Dulunya danau ini merupakan kawasan  rawa-rawa,  tanah yang di keruk dari danau ini digunakan untuk pengembangan dan membangun jalan Belmera. Danau Siombak dikelilingi oleh kawasan perbukitan nan hijau dan berdasarkan penelitian Danau Siombak merupakan salah satu lokasi situ cina Medan Marelan sehingga masih tetap dilakukan beberapa pencarian dan penelitian terkait bukti sejarah yang telah ditemukan di kawasan ini.  
10. Sungai Sembahe
 
Jika anda sedang berwisata di kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Sungai Sembahe adalah tempat wisata yang cocok bagi anda untuk relaksasi bersama keluarga . Sungai Sembahe merupakan kawasan daerah aliran sungai atau DAS dimana anda dan seluruh keluarga dapat berendam sepuasnya tanpa takut derasnya air karena memang aliran sungai Sembahe tidak terlalu besar, terdapat bebatuan yang menghiasi sungai dalam ukuran besar dan sedang. Air sungai Sembahe memang sangat jernih sehingga kerap dikunjungi oleh wisatawan dari Medan maupun dari daerah lain. Fasilitas di Sembahe tergolong lengkap karena tersedia rumah penginapan dan juga banyak pedagang minuman dan makanan disekitar Sungai.

" Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara "


27 komentar:

  1. Ahhhh.... Pariwisata Sumatera Utara memang mengagumkan

    ReplyDelete
  2. Keren banget, tapi di publis dong pariwisata di sumut yg indah yg masih jarang di dengar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu mbak, sebagian udah pada dipublish tuh. hehehe :)

      Delete
  3. Menakjubkan wisata Sumatera Utara, I Love Sumatera

    ReplyDelete
  4. ijin copas ya. trims,

    ReplyDelete
  5. Saya lagi butuh informasi tentang wisata2 di sumetara nihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk info update, sila follow akun twitter @pariwisataSUMUT mbak. blog yang ini untuk ulasan wisatanya. :)

      Delete
  6. Wisata Sumatera Utara memang keren,,, Gk cuman danau Toba, masih banyak wisata Alam lainnya yang tidak kalah menarik.. :)

    Wisata Sumatera Utara

    ReplyDelete
  7. air terjun teroh teroh pelaruga di namu ukur/desa rumah galuh keren gan..
    perlu d coba tu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan, destinasi baru yg lagi booming di Medan :)

      Delete
    2. Aku udh kesana, tempat nya bagus, masih alami Bgt. Track nya juga gk terlalu susah.

      Delete
  8. Bagus bangett nich datanya sesuai dgn keindahan dan panorama alamnya . Asssyyyik

    ReplyDelete
  9. Bagus banggeett datanya , yess assyik liburannya

    ReplyDelete
  10. Selamat pagi sahabat, bolehkah saudara menolong saya , dimanakah kira kira pantai yg bersih di daerah sumatera utara yg bisa anak anak ndapat bermain dengan pasir dan berenang dengan nyaman ?

    Terima kasih atas bantuanya,

    S.Sinuraya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh ke pantai sei mensring di kab Serdang Bedagai bang. :)

      Delete
  11. Tinggi raja lebih good

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, tapi aksesibilitasnya juga perlu jadi pertimbangan. :)

      Delete
  12. North sumatra will be the target of my exploring to enjoy other hidden beauty of indonesia tourist objects.I do hope that l will be able to drop in your place to share about your very potential tourist objects.May l make friend with u?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. why not, pleasantly MR Agga. We'll welcome you. :)

      Delete
  13. Air terjun 3 warna mantap jg tu,,tp sayang lokasi msh d rahasiakan
    Ckckckck

    ReplyDelete
  14. Bukit Tinggi Raja sama Danau Linting kok ga ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak aspek yang menjadi bahan pertimbangan kenapa kedua objek tersebut belum dimasukkan mbak/mas. :)

      Delete
  15. nge bolang awak sekelak bang. admin lagi galau :p

    By: Pariwisata Sumut

    ReplyDelete
  16. air terjun dua warna keren sih itu... buat post dong untuk review khusus air terjun dua warna... thanks min...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada kok mbak, tapi saya lupa linknya, atau coba deh ke www.pariwisatasumut.net :)

      Delete

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....