Pantai Perjuangan Batubara

                              Video Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara                               
                                     

Kabupaten Batu Bara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan dengan luas wilayah +- 92.220 Ha, yang terdiri dari 7 Kecamatan.
Nama Batu Bara sendiri berasal dari sebuah batu di sebuah bukit yang berada di pedalaman di desa kuala gunung yang konon dapat mengeluarkan cahaya merah membara. Dahulu kala masyarakat sekitar meyakini bila batu tersebut mengeluarkan cahaya pertanda bencana akan segera terjadi.

Video Pulau Pandang - Batubara



Kabupaten Batu Bara memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa. Potensi itu meliputi potensi di bdang perkebunan, pertanaian, perikanan dan kelautan, peternakan dan potensi pariwisatanya. Kabupaten Batu Bara juga telah lama dikenal dunia internasional sebagai pengekspor alumunium hasil olahan PT. INALUM. Kabupaten Batu Bara juga memiliki industri pengolahan kelapa sawit (CPO).


Potensi kekayaan wisata yang ada di Batu Bara merupakan salah satu sektor andalan guna pemasukan Pendapatan Asli Daerah. Sejumlah objek wisata khususnya objek wisata bahari merupakan objek wisata yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas. Pesona dan keindahan objek wisata yang ada di Kabupaten Batu Bara tidak kalah dengan objek wisata lain yang ada di sumatera maupun luar sumatera. Sejumlah objek wisata yang dimiliki antara lain : Pulau Pandang, Pulau Salah Nama, Pantai Perjuangan, Pantai Bunga, Pantai Bunga Laut Indah, Pantai Alam Datuk, Pantai Kubah Padang, Waduk Indah, Istana Niat Lima Laras, Pantai Sejarah, Kubah Datuk Batu Bara, Danau Laut Tador, dan sejumlah benda peninggalan sejarah budaya masih banyak ditemukan di kabupaten Batu Bara

Pasir putih yang terhampar luas adalah salah satu keunggulan dari pantai ini sehingga Pantai Perjuangan ini di jadikan lokasi upacara pembukaan FIPOB-IV (Festival Internasional Pemuda Olah Raga Bahari) tahun 2009 bulan juni dengan mempertandingkan beberapa cabang olahraga bahari berskala Internasional.


Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh hanya +- 15 km dari perumahan karyawan PT. INALUM Tanjung Gading di kecamatan Sei Suka di dukung oleh sarana jalan yang baik, objek wisata Pantai Perjuangan banyak dikunjungi wisatawan terutama pada masa libur. Areal Pasir Putih yang sangat luas ditambah tiupan angin yang sangat keras, pantai ini sangat ideal sebagai lokasi perlombaan layang-layang dan sejenisnya, begitupula tersedianya sarana olahraga bahari lainnya seperti lapangan bola volly pantai dan bola kaki pantai.

2 komentar:

  1. beberapa hari lalu, saya berkunjung ke pantai perjuangan yang kebetulan tidak terlalu jauh dari rumah orang tuaku, di mangga dua/titi merah. potensi pantai sangat bagus untuk dikembangkan namun dari beberapa orang yang saya tanya di sekitar pantai, mengatakan bahwa pemkab batubara dan masyarakat sekitar rebutan untuk mengelola pantai tersebut. menurut saya, apapun masalahnya, sumber penghasilan asli daerah dan masyarakat menjadi terhambat gara-gara ego masing-masing. duduk bersama dan cari solusi terbaik. (tio)

    ReplyDelete
  2. saya tambahkan lagi, gambar yang di upload di web ini tidak seindah aslinya. sekarangnya pantainya kotor, banyak sampah dan sama sekali tidak terawat. padahal keindahan pantai begitu menjanjikan untuk dijual kepada wisata lokal maupun luar negeri. selain itu, akses (infrastruktur jalan) menuju pantai juga begitu memprihatinkan. mudah2an pemkab terkait segera terbuka hatinya untuk menata obyek wisata yang dekat dengan INALUM itu.

    ReplyDelete

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....