Aek Rangat Pangururan - Samosir


"Aek rangat" dalam bahasa batak bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya "Air Panas"

Aek rangat pangururan terletak persis dibawah kaki gunung Pussuk Buhit, titik tertinggi dikawasan danau toba. Gunung ini dikatakan sebagai asal mula orang batak.

Aek rangat atau pemandian air panas Pangururan menjadi salah satu Destinasi wisata Sumatera Utara selain danau toba.

Aek rangat telah dikelola secara swasta oleh masyarakat setempat berupa kolam-kolam pemandian. Tingkat temperature atau suhu airnya berbeda-beda. Air panas pangururan dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit karena memiliki kandungan belerang yang tinggi.

Selain itu anda bisa juga melihat view danau toba dari aek rangat seraya menikmati makanan khas orang batak/spageti batak yang masyarakat setempat menamai "mie gomak" di restaurant atau rumah makan yang berada disekitar aek rangat.

Pussuk Buhit
Pussuk : Puncak
Buhit : Bukit
Jadi kalau diartikan secara harfiah artinya puncak bukit.

Nah, mungkin anda sudah mulai tahu tempat semacam apa Pussuk Buhit. Benar saja, daerah ini merupakan kawasan tertinggi di Danau Toba dan sekitarnya.

Pussuk buhit menjadi salah satu area tracking bagi anda penyuka adventure dan mendaki. Dengan ketinggian tempat ini cocok bagi hiker pemula. Masih sedikit yang berani melakukan perjalanan hingga ke titik tertinggi di danau toba ini.

Bila anda ingin menikmati view Danau Toba dari ketinggian, Pussuk Buhit adalah tempatnya. Dan anda harus bangga, karena Pussuk buhit dipercaya sebagai tempat asal nenek moyang suku Batak yang turun dan menyebar kesegala penjuru. :)

Bila hendak berkunjung, anda sebaiknya meminta tetua di wilayah danau toba. Pussuk buhit dpercaya sebagai salah satu tempat tersakral dan magis dunia. Menurut beberapa sumber Pussuk Buhit sempat akan dijadikan titik lokasi pertemuan paranormal dunia.

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....