Home » , , » Pulau Sibandang - Tapanuli Utara

Pulau Sibandang - Tapanuli Utara

 

Danau Toba, yang terbentuk akibat meletusnya gunung toba sekitar 7300 - 7500 tahun silam, ledakan maha dasyat yang telah mengubah peradaban dunia dimasa itu dan menyisakan pesona keajaiban yang sungguh mengagumkan di tanah bangso batak.

Kaldera sisa letusan gunung toba membentuk pulau-pulau nan Indah di kawasan danau Toba, tempat dimana asal mula suku batak dipercaya memulai peradaban,mereka kini tersebar dan menjadi suku etnis dibeberapa wilayah di provinsi Sumatera Utara.

Namun ternyata Tidak hanya Samosir, ada 4 pulau lainnya di kawasan danau Toba ,danau terbesar di Asia Tenggara. Pulau-pulau yang menyebar dibeberapa kabupaten tersebut adalah: pulau Tao, pulau Tolping, Pulau Tulas dan Pulau Sibandang. Letaknya berjauhan dari satu pulau ke pulau lainnya. 

Pulau terbesar kedua setelah Samosir yang dikenal dengan nama pulau Sibandang,merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi. Secara administratif pulau ini masuk kedalam wilayah kabupaten Tapanuli Utara yang beribukotakan Tarutung. Perjalanan menuju pulau Sibandang dapat ditempuh melalui  3 jalur yakni dari Pelabuhan Muara,Balige, atau Nainggolan dengan menggunakan kapal boat.

Umumnya masyarakat penduduk sekitar mengenalnya dengan sebutan Pulau Mangga,dikarenakan di pulau ini banyak ditemukan pohon mangga. Bahkan  tempat eksotis yang tersembunyi ini menjadi sentra penghasil buah mangga manis nan lezat di kawasan danau Toba dan dijual ke berbagai daerah di provinsi Sumatera Utara. Bila anda pernah membeli buah mangga di Parapat, ketahuilah bahwa buah tersebut didatangkan dari pulau Sibandang.

Bila dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya, Sibandang memiliki keistimewaan tersendiri, sudut lain dari Danau Toba yang akan memukau anda. Bibir pantai disekeliling pulau adalah bebatuan yang telah lama terbentuk oleh alam sejak dulu. Berbeda dengan pulau Samosir yang secara umum pantainya berpasir. Bila dipandang dari ketinggian Huta Ginjang, Pulau Sibandang bagaikan seekor ikan emas yang sedang berenang.

Menikmati keindahan Pulau Sibandang di malam hari sungguh memanjakan, deburan ombak yang memecah kesunyian seolah mengajak anda larut kedalam  rasa syukur akmemancing adalah salah satu aktifitas yang tidak boleh dilewatkan, ada berbagai jenis ikan seperti pora- pora, ikan jahir, dan lain-lain yang menjadi sumber penghasilan bagi peduduk setempat.

Jika anda membutuhkan ketenangan dan ingin menjauh dari hiruk pikuk keramaian,datang dan berkunjunglah ke Pulau Sibandang. Eksotisme danau toba yang penuh pesona.


0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....