Home » , , , » Rumah Tjong A Fie - Medan

Rumah Tjong A Fie - Medan


Pict : Any Source  

Medan, kota terbesar ketiga di Indonesia terdiri dari masyarakat multi-kultural yang hidup berdampingan. Didirikan oleh guru Patimpus Sembiring Pelawi beberapa puluh tahun silam.

Kota Medan bila dipandang dari sudut budaya memang sangat unik. Segala macam suku hidup di kota yang terkenal dengan landmark Mesjid Raya. Latar belakang perkembangan kota Medan dari masa ke masa dipengaruhi oleh orang-orang besar. Salah satunya adalah Tjong A Fie, seorang pria yang muncul sebagai sosok berjasa bagi kota Medan.


Tjong A Fie berasal dari negara cina tiongkok, ia sukses menjadi seorang warga non pribumi di bidang perkebunan. Namun ia tidak lantas memperkaya diri sendiri, banyak uluran tangan darinya terhadap lingkungan sekitar. Lihat saja beberapa destinasi pariwisata kota Medan dan tempat beribadah seperti istana maimun, mesjid raya al-makhsun, mesjid bengkok, gereja, kuil, dan masih banyak lagi.

                                                                Rumah Tjong A Fie
Interior Rumah Tjong A Fie
Tjong A Fie Mansiore, atau lebih dikenal dengan sebutan rumah Tjong A Fie. Merupakan rumah kediamannya yang kini dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata sejarah demi mengenang jasa beliau bagi kota Medan.

Pintu Masuk Rumah Tjong A Fie
Rumah Tjong A Fie dibangun pada tahun 1988 dan selesai pada tahun 1900, rumah ini terdiri dari 40 kamar dengan design arsitektur yang dipengaruhi oleh beberapa negara seperti cina, melayu dan eropa.

Tidak hanya itu saja, dua buah patung singa duduk didepan pintu rumah ditambah ukiran-ukiran hias yang indah dan mempesona. Langit-langit rumah juga dihiasi dengan lukisan yang menarik. Berbagai porselen cina memberi daya tarik sendiri dan membawa anda seolah terlempar ke masa dulu.


Tarif masuk kedalam rumah Tjong A Fie sebesar Rp. 30000. Bila anda hendak belajar sejarah dan tertarik menikmati peninggalan Tjong A Fie, silahkan datang ke daerah Kesawan Medan.

2 komentar:

  1. wow.... nice post. will try to get that place soon. :)

    ReplyDelete

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....