Benteng Huraba - Tapanuli Selatan



Kalau ngomongin soal destinasi wisata Sumatera Utara, maka tidak akan pernah habis kata untuk membahasnya. Wajar karena provinsi beribukotakan Medan ini memiliki wilayah administratif yang sangat luas. 

Wisata sejarah adalah sebuah perjalanan wisata untuk belajar dan mengenal lebih dalam tentang masa lalu. Salah satu DTW di Tapanuli Selatan bernuansa sejarah adalah 

BENTENG HURABA 

Letaknya tidak jauh dari ibukota kabupaten. Hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit saja. Benteng ini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat tapanuli untuk membela kedaulatan dan kemerdekaan dari agresi militer belanda kedua. Berada di kecamatan batang angkola tempat wisata ini sarat akan makna perjuangan. Selain itu anda juga dapat berkunjung ke Danau Terbesar ke dua Sumatera Utara, Danau Siais atau Goa Aek badak yang kesemuanya berada di Kab Tapanuli Selatan.

Letaknya persis di tepi jalan lintas Sumatera Utara - Sumatera Barat. Benteng huraba memiliki lokasi strategis dengan pemandangan pegunungan hijau, tentu saja menjadi keunikan tersendiri karena bila dibandingkan dengan kunjungan museum yang pada umumnya didalam ruangan maka benteng huraba menyuguhkan atmosper berbeda 
Di lokasi benteng huraba dapat dilihat meriam yang digunakan pahlawan tapanuli untuk mengusir Belanda, Meriam di benteng huraba sudah ada sejak 17 Agustus 1957. Ditambah keberadaan sebuah tembok yang mendeskripsikan tentang para pahlawan yang telah gugur dimasa itu sejumlah 27 orang demi mempertahankan benteng huraba dari musuh, Belanda. 



Melalui sejarah kita sebagai penerus bangsa mampu memaknai arti dari sebuah perjuangan. Sehingga menumbuhkan rasa kecintaan terhadap ibu pertiwi. 

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....