Home » , » Haranggaol Simalungun

Haranggaol Simalungun

Haranggaol

Haranggaol merupakan sebuah kota kecil memikat di tepi Danau Toba. Keindahan yang mempesona dari dari danau terbesar di Asia Tenggara, berada dikawasan kabupaten Simalungun dan dikelilingi oleh gugusan Bukit Barisan.

Keindahan haranggaol telah memikat sejak dahulu kala, tempat ini menjadi pilihan bagi raja-raja batak untuk beristirahat dan menghabiskan waktu senggang, Pesona hijau sejauh mata memandang ditambah kecipak air danau Toba yang begitu jernih, ditambah keberadaan Goa Haranggaol yang juga berada persis berada di tepi danau Toba menjadi daya tarik memikat. Oleh karena istimewanya, banyak wisatawan yang menyebutnya dengan istilah Grand Canyonnya Sumatera Utara.

Haranggaol, masih jarang terdengar ditelinga wisatawan karena rute perjalanan dan infrastruktur yang masih kurang memadai, Namun bila anda sudah pernah kesini maka akan timbul keinginan untuk kembali datang. Penduduk yang tinggal di haranggaol sangat ramah dan bersahabat, mereka menyambut kehadiran setiap pengunjung dengan tangan terbuka.

Tidak  hanya itu saja, haranggaol menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk wisata mancing. Banyak ikan-ikan air tawar yang hidup di perairan Danau Toba - Haranggaol. Selain itu menikmati jernihnya danau toba dengan cara berenang, menyelam, dan bermain dengan riak-riak air adalah satu pengalaman yang tak akan mudah dilupakan.

Ada banyak spot wisata di Haranggaol, yakni Pemandian Horisan, Sabas, Tuhulan, Sigumba-Gumba dan Pemandian Tuktuk Papan yang sangat indah memanjakan mata, anda akan terbawa suasana untuk menikmati lekuk keindahan Danau Toba. Lokasi tersembunyi yang luput dari potret wisatawan, “Gua Haranggaol” berada di dusun Liang Atas Kelurahan Purba Pasir. Menurut cerita warga, Gua Haranggaol adalah tempat favorit raja-raja dulu berplesiran.

Rute Menuju Haranggaol
Menempuh jarak sekitar 300 km dari kota Medan untuk dapat sampai didaerah ini melalui 2 rute perjalanan 1. Medan - Kaban Jahe - Merek - Saribudolok - Haranggaol.
2. Medan-Pematang Siantar-Pematang Raya - Haranggaol

1 komentar:

  1. photo yg paling atas itu. penginapan ya pak? masih dipake?

    ReplyDelete

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....