Pagoda Lumbini - kabupaten Karo


Mejuah-juah tanah Karo...!! 

Sebuah kabupaten yang masuk kedalam wilayah administratif provinsi Sumatera Utara. Dikenal karena keindahan alam dengan suguhan amat teramat mempesona, puluhan destinasi menjadi andalan produk wisata dan tentu saja sangat layak untuk dikunjungi di kabupaten yang beribukotakan Kabanjahe ini seperti Desa Budaya Dokan, Sinabung, Berastagi, Lau Debug-Debug  atau untuk lebih lengkap silahkan lihat tulisan 19 Destinasi   Wisata Di Kabupaten Karo.


Taman Wisata Lumbini


Salah satu tempat yang cocok dijadikan sebagai refrensi DTW di tanah Karo adalah Pagoda Lumbini Swedagon, terletak di desa Tongkoh dan masih berusia belia, sekitar 2 tahun semenjak dibangun. Tetapi jangan salah sangka, meskipun demikian Lumbini sudah berhasil menyedot wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tentu saja karena keindahan dan keistimewaanya. Ditambah lagi karena Pagoda Lumbini merupakan satu-satunya DTW religi di kabupaten Karo. 

Sebenarnya Pagoda Lumbini adalah tempat peribadatan yang dibangun untuk umat Budha. Namun karena tingginya rasa ingin tahu masyarakat maka Lumbini dibuka untuk umum, jadi jangan kaget bila anda dibebaskan dari retribusi. Tetapi ada beberapa persyaratan yang harus anda patuhi, tujuannya sangat baik demi menjaga kelestarian dan pesona lumbini. Sederhana bukan? :) 

Nah... bila sudah berada di areal Taman Wisata Lumbini, nuansa negeri gajah putih alias thailand akan terasa begitu kental. Pagoda berukuran sangat besar, berwarna keemasan menjulang tinggi seperti sebuah bongkahan emas. Usut punya usut ternyata Lumbini adalah pagoda terbesar di Indonesia jadi masyarakat Sumatera Utara pantas untuk berbangga diri.

Kehadiran tempat peribadatan umat Budha ini menjadi bukti bahwa Sumatera Utara cukup solid dan rukun untuk menghargai sesama umat beragama. Yey.......!! Keep it thight. 

Tidak hanya menikmati Lumbini, di areal Taman Wisata ini juga dapat menyaksikan indah dan hijaunya tanah karo, apalagi ada beberapa spot didirikan oleh pihak pengelola yang melengkapi Lumbini sehingga pengunjung merasakan kenyamanan dan betah berlama-lama. 

Nah anda tertarik..? 

1 komentar:

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....