Home » , , » Tradisi Kenduri Laut - Tapanuli Tengah

Tradisi Kenduri Laut - Tapanuli Tengah


Kenduri laut merupakan tradisi yang dilakukan setiap satu tahun sekali oleh kabupaten Tapanuli Tengah yang beribukotakan Pandan di pesisir Sumatera Utara. 

Tradisi kenduri laut menjadi salah satu daya tarik memukau, budaya turun temurun warisan para leluhur sebagai ucapan terimakasih dari 20 kecamatan dan masyarakat Tapanuli Tengah kepada Tuhan atas anugerahNya sehingga hasil laut dan pertanian berlimpah. Melalui acara Kenduri Laut ini masyarakat Tapanuli Tengah berharap hasil bumi dan alam akan semakin meningkat pada tahun-tahun kedepannya. 

Pesta kenduri Laut biasanya dilakukan di tepi pantai pada malam hari dan berlanjut pada siang hari. Upacara seremonial inti dilakukan pada malam hari dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dari 11 kecamatan. Setiap perwakilan dari masing-masing kecamatan membawa hasil bumi seperti padi, jengkol, pisang, ternak piaraan dan kemudian menunjukkannya (parade) di pentas (panggung) secara bergantian. 

Selain itu diadakan juga beberapa perlombaan untuk memeriahkan dan menyemarakkan suasana seperti Lomba Perahu Naga, Lomba Layang-Layang dan lain-lain. Acara ini juga dihibur oleh pekerja seni baik dari masyarakat Tapanuli Tengah sendiri maupun pelaku seni lain yang diundang sebagai performer (Penampil). 

Pesta Kenduri Laut Tapanuli Tengah biasanya dilaksanakan pada bulan Oktober setiap tahunnya. Jadi bagi anda yang tertarik menikmati keindahan lautnya yang sangat terkenal seperti Pulau Murshala atau Pulau Unggeh maka datanglah pada bulan Oktober sehingga anda juga dapat menyaksikan tradisi budaya Pesta Kenduri Laut yang hanya dilaksanakan sekali dalam setahun. 

1 komentar:

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....