Home » » 5 Tempat Wisata Di Pakpak Bharat

5 Tempat Wisata Di Pakpak Bharat

Kabupaten Pakpak Bharat yang beribukotakan Salak dengan pusat pemerintahan Sindeka merupakan salah satu bagian dari provinsi Sumatera Utara.Motto dari kabupaten Pakpak Bharat adalah BAGE ATE REJEKI BAGE TENNAH SODIP yang berarti Bahwa masyarakat dalam setiap melakukan pekerjaan mempunyai keselarasan antara hati, jiwa, pikiran dengan perbuatan.

Berbicara mengenai tempat wisata di kabupaten Pakpak Bharat terdapat banyak DTW yang sangat indah dan potensial. Keunikan daerah yang mayoritas penduduknya adalah suku pakpak ini terletak pada wisata alam berupa air terjun, begitu juga dengan wisata budayanya. Keindahan panorama dan kekayaan yang berada di kabupaten Pakpak Bharat menunjukkan bahwa wilayah geografi Kabupaten Pakpak Bharat berada di kaki bukit barisan (Delleng Sibarteng).

Inilah tempat wisata di kabupaten Pakpak Bharat yang layak untuk disambangi.

1. Sibande

Durian Pakpak Bharat
Merupakan salah satu kecamatan, memiliki panorama yang tentunya indah. Daerah ini menjadi sentra penghasil buah durian dan nilam. Sibande kerap ramai saat musim durian tengah berlangsung.


2. Uruk Sindeka

Panorama Indah Uruk Sindeka
Hijaunya pegunungan bukit barisan ditambah kontur lokasi Uruk Sindeka yang berada pada perbukitan menjadikan daerah ini sangat indah terlebih bila malam hai karena dari Uruk Sindeka dapat terlihat kota Salak dari kejauhan. Mungkin karena alasan ini juga maka pusat pemerintahan dilokasikan disini. 


3. Mejan Penanggalen


Mejan merupakan salah satu bentuk kebudayaan megalitik masyarakat Pakpak, Mejan terbuat dari batu yang dipahat dan diukir menyerupai bentuk manusia maupun hewan. Menurut kepercayaan masyarakat Pakpak, Mejan memiliki kekuatan magis berfungsi sebagai penjaga kampung dari kejahatan. Keberadaan mejan dapat ditemui hampir diseluruh desa di wilayah kabupaten pakpak Bharat.


4. Air Terjun Lae Une




Air terjun ini berada di desa kecupak, tempat wisata Pakpak Bharat berupa air terjun kerap dikunjungi oleh masyarakat baik lokal maupun pengunjung yang sengaja datang dari luar daerah. Keindahan alam Air Terjun Lae Une menambah khasanah pariwisata Sumatera Utara. Untuk mengetahui selengkapnya silahkan klik disini.


5. Air Terjun lae Mbilulu


Air terjun ini menjadi tempat favorit bagi para pengunjung karena letaknya yang berada ditengah hutan sehingga sangat sejuk dan hijau. Untuk membaca selengkapnya silahkan klik disini

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....