Home » , , , » Daftar Sungai Di Sumatera Utara

Daftar Sungai Di Sumatera Utara


Sumatera Utara memiliki kekayaan dan keindahan alam yang mempesona, hampir diselururuh wilayah kabupaten terdapat destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak terkecuali 'sungai' yang kerap dijadikan sebagai spot wisata seperti wisata mancing, wisata tubbing, wisata rafting atau arung jeram dan tempat pemandian di Sumatera Utara.

Untuk itu, penulis akan mengulas sungai-sungai yang lokasinya berada di provinsi Sumatera Utara

1. Sungai di Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara
a) Lae Ordi
Merupakan sungai terpanjang di kabupaten Pakpak Bharat yang bermuara di Samudera Aceh. Sungai ini pernah mengakibatkan bencana alam yang menelan korban jiwa. Tempat ini kerap dijadikan sebagai wisata rafting karena dibeberapa titik terdapat bebatuan besar dan kecil ditambah arus air yang cukup deras dengan debit air yang tinggi.
b. Lae Kombih
Lae Kombih adalah sungai yang berasal dari barisan pegunungan bukit barisan. Salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi adalah Air Terjun Simbilulu yang letaknya berada di tengah hutan tepatnya di Desa Pronggil dengan ketinggian kurang lebih 30 meter.

2. Sungai Di Kabupaten Dairi Sumatera Utara
a) Lau Renun
Merupakan sungai terpanjang dan terbesar di kabupaten Dairi, hal tersebut dikarenakan anak-anak sungai yang menyatu kealiran sungai Lau Renun. Spot wisata ratfing di kabupaten Dairi karena aliran dan bebatuan yang menantang adrenalin. Salah satu tempat wisata air terjun yang menjadi anak dari sungai Lau Renun adalah Air Terjun Lae Pendaroh yang kerap berwarna merah darah

3. Sungai Di Kabupaten Karo Sumatera Utara
Wilayah kabupaten karo yang  terletak di ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut menjadikan kabupaten ini sebagai daerah hulu sungai (DHS) terhadap sejumlah sungai di Sumatera Utara terdapat kurang lebih 50 buah sungai yang mengalir di wilayah kabupaten Karo.
Diantaranya adalah:
a). Sungai Sipiso-Piso 
Sungai Sipiso-piso merupakan sungai terbesar di kabupaten karo yang airnya bermuara ke Danau Toba, Destinasi wisata yang cukup terkenal adalah Air Terjun Sipiso-piso yang ketinggiannya mencapai 120 meter. Di muara sungai yang bernama desa Tongging, masyarakat dan pengunjung biasanya menangkap ikan. 
b) SungaiLau Biang
c) Sungai Lau Bengap
d) Sungai Lau Borus
e) Sungai Lau Gunung

4. Sungai Di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara
a) Sungai Dua Rasa 
Sungai Dua Rasa adalah sungai yang melintas di kabupaten Deli Serdang, keunikan sungai ini menjadi alasan mengapa banyak para adventurer berkunjung. Untuk mengetahui selengkapnya silahkan klik disini

5. Sungai Di Medan Sumatera Utara
a) Sungai Deli 
Merupakan sungai yang membelah kota. Nama deli berasal dari kesultanan Deli yang dulunya berkuasa di tanah melayu deli. Saat ini sungai deli sangat tercemar karena dijadikan tempat pembuangan sampah ditambah DAS yang menjadi pemukiman warga sehingga setiap kali curah hujan tinggi Sungai Deli kerap meluap dan menyebabkan banjir.
b) Sungai Belawan
Merupakan sungai terpanjang di kota Medan, terbentuk dari 3 anak-anak sungai yakni Sungai badak, Sungai Baharu dan Sungai Paluh Manan.

6. Sungai Di kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara
Serdang bedagai menjadi kabupaten yang cukup baik didalam memanfaatkan SDA di sektor pariwisata. Banyak Daerah Tujuan Wisata di Serdang Bedagai yang terkelola dengan amat baik. Adapun sungai yang terkenal di daerah ini adalah:


7. Sungai Di Kabupaten Asahan Sumatera Utara
1. Sungai Asahan
Sungai Asahan merupakan sungai di kabupaten Asahan yang mengalir dari mulut Danau Toba dan bermuara di Selat Melaka. Sungai ini merupakan sungai terbesar di Sumatera Utara. Dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listik PLTA. Sungai Asahan menjadi lokasi perhelatan MICE di Kabupaten Asahan, event arung jeram berskala lokal, nasional dan internasional kerap dilaksanakan di sungai ini.

8. Sungai Di Kabupaten Langkat Sumatera Utara
a) Sungai Bahorok
Merupakan daerah tujuan wisata nomor 2 yang kerap dikunjungi oleh wisatawan setelah Danau Toba. Keindahan alam dan pesona Sungai Bahorok sudah terkenal hingga ke mancanegara.
b) Sungai Di Tangkahan
Terdapat beberapa sungai di ekowisata tangkahan. pengunjung biasanya memanfaatkan sungai sebagai tempat wisata tubbing karena debit air sungai yang tidak terlalu deras. 
c) Sungai Sei Wampu
Adalah sungai yang paling terkenal sebagai lokasi rafting atau arung jeram di Sumatera Utara. 

9. Sungai Di Tapanuli Tengah Sumatera Utara
a) Sungai Murshala
Merupakan salah satu keunikan di Samudera Hindia, terdapat sebuah pulau yang disebut Pulau Murshala dan terdapat Sungai air tawar yang mengalir melintasi Pulau dan airnya jatuh langsung ke Lautan. Kekayaan terumbu karang dan ikan karang menjadikan Pulau Murshala menjadi daerah tujuan wisata bahari terbaik di Sumatera Utara.

10. Sungai di Tapanuli Utara Sumatera Utara
a) Sungai Aek Sigeon
Merupakan sungai panjang yang membelah beberapa kabupaten di Sumatera Utara. Dengan debit air yang tinggi ditambah bebatuan sungai menjadikan sungai ini kerap dikunjungi oleh rafter untuk memacu adrenalin.

11. Sungai Di Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara
Sungai di Tapanuli Selatan sangat banyak dan dijadikan sebagai daerah tujuan wisata kabupaten Tapanuli Selatan.
a) Sungai Btang Toru
Merupakan sungai besar yang melintasi kabupaten Tapanuli Selatan dengan panjang mencapai 125 km. Sungai ini mengalir ke arah barat daya dan bermuara di Samudera Hindia. Sungai batang toru cocok dijadikan sebagai loakasi arung jeram atau rating di Tapanuli Utara.
b) Sungai Aek Sijorni
Merupakan sungai yang menjadi daerah tujuan wisata yang sangat terkenal di Sumatera Utara, kejernihan air ditambah suasana alam yang sangat natural menjadikan sungai ini kerap dikunjungi oleh wisatawan.

12. Sungai Di Kabupaten Humbang Hasundutan
a) Aek Sibundong
Merupakan aliran sungai yang membelah kabupaten Humbang Hasundutan dan beberapa kabupaten lainnya, Aek Sibundong sangat terkenal karena keindahan dan kejernihan airnya. Bahkan ada beberapa lagu yang menyebutkan nama Aek Sibundong di syair mereka.

13. Sungai Di Nias Sumatera Utara
a) Sungai Muzoi
Merupakan sungai terpanjang di Nias. Dulunya sungai ini dijadikan sebagai tempat untuk mencari berbagai batuan berharga dan mencari ikan.


0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....