Home » , » Pemandian Air Panas Sipoholon dan Air Soda Alam Sirara

Pemandian Air Panas Sipoholon dan Air Soda Alam Sirara

Salju Panas dan Bersoda di Tapanuli Utara
Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi bila ke Medan, Sumatera Utara. Selain terkenal dengan Danau Toba dan Pulau Berhalanya, ada obyek wisata yang unik di daerah Parbabu Tarutung kabupaten Tapanuli Utara. Di sana Anda bisa menikmati sumber air belerang yang mirip dengan hamparan salju panas dan juga pemandian air soda yang keduanya punya khasiat kesehatan dan keduanya benar-benar menakjubkan.

Pemandian Air Panas Sipoholon dan Air Soda di daerah Parbubu Tarutung, Tapanuli Utara, sudah sangat tidak asing lagi bagi masyarakat di Sumatera Utara. karena air panas yang mengalir secara terus-menerus selama ratusan tahun itu ternyata memiliki aroma yang luar biasa dan juga mengandung zat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Air belerang yang mengalir dari perut bumi di alirkan dengan sistem yang sangat tergolonng sederhana ke tempat-tempat penampungan (rumah-rumah kedai). Kemudian air panas tersebut di komersilkan bagi siapa saja yang ingin mandi. Air Panas Sipoholon berkhasiat untuk melegakan penat dan  kandungan belerangnya menyembuhkan penyakit kulit, menurut masyarakat setempat. 


Hanya membutuhkan waktu beberapa saat saja, berjalan mendaki ke atas bukit, tepatnya di bagian belakang rumah penduduk (diantarai kedai) bila anda hendak langsung ke sumber mata air tersebut. Memasuki area ini pertama sekali akan disambut oleh bau belerang yang cukup menyengat. Jalan setapak menuju ke atas bukit sudah berkomposisi zat belerang. Dibagian sisi kiri kanan jalan setapak dialiri oleh aliran kecil air panas yang bersumber dari mata air panas bumi yang tumpah dari cekungan kulit bumi tampungan air mendidih tersebut dan tentunya sangat mengagumkan. Ini sebabnya banyak orang yang menyebut "salju panas". Persis salju di Negara Barat sana, unik dan indah. Ini disebabkan oleh aliran-aliran air panas yang membekas kan lapisan-lapisan putih belerang dengan suhu 55-65 derajat celcius ini melapisi kulit bumi terbentuk seolah-olah salju.

Selain itu, Air Soda adalah satu-satunya pemandian dengan Air Soda di Indonesia. Pemandian ini sudah dikelola dan dikembangkan sejak tahun 1976 untuk menjadi Objek Wisata oleh Minar Sihite. Konon, di seluruh dunia hanya ada dua Pemandian Air Soda alami yakni  di Huta Parbubu Tarutung dan satu lagi ada di  negara Venezuella.
Pemandian Air Soda ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit. Di samping itu bila dirasakan dengan lidah rasanya asam jauh berbeda dengan air tawar biasa. Debit airnya sangat banyak dan terus menerus berganti serta tidak kunjung habis mengalir tumpah dari penampungan yang berbentuk kolam bulat. Lokasi pemandian tersebut berada di area persawahan dan merupakan posisi yang unik karena dikelilingi dengan pemandangan yang indah.

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....