Home » , , » Desa Wisata Di Sumatera Utara

Desa Wisata Di Sumatera Utara

Pemberdayaan desa sebagai tempat wisata kian berkembang, hal ini bertujuan untuk mengubah wajah dari desa agar terangkat dari sisi pariwisata ekonomi. Di Indonesia sudah terdapat banyak sekali desa wisata yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Untuk menjadi sebuah desa wisata, ada banyak hal yang menjadi patokan dasar diantaranya adalah aksesibilitas. sarana, prasarana dan fasilitas.
 
Desa Wisata Sumatera Utara
 
Secara umum, desa wisata di provinsi Sumatera Utara berada di kantung-kantung lokasi pariwisata yang memiliki daya tarik memikat dalam hal kebudayaan dan panorama. Ada 4 desa wisata di Sumatera Utara yang tersebar di kabupaten Samosir dan kabupaten Tanah Karo.
 
 
Desa Wisata Tuktuk
Tuktuk siadong sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata di Kabupaten Samosir. Letaknya yang strategis dengan dikelilingi Danau Toba ditambah saratnya kebudayaan batak di desa ini merupakan daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun internasional. Pada tahun 1990 Desa Wisata Tuktuk tak pernah sepi baik siang maupun malam namun isu teroris, kurangnya pengetahuan pelaku pariwisata dan masyarakat setempat akan hospitality serta keadaan danau Toba menjadi pemicu berkurangnya minat berkunjung wisatawan dari tahun ke tahun. Tuktuk dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan Festival Danau Toba 2013 silam.
Di desa wisata Tuktuk Siadong anda dapat menyaksikan keindahan panorama Danau Toba, bermain jet sky, berenang, dan juga memancing. Mengenai kebudayaan Batak anda juga dapat menyaksikannya secara langsung disini seperti aktifitas menenun ulos, pembuatan kerajinan tradisional batak, opera batak, dan juga hiburan bernuansa batak di café-café yang dapat anda temukan disepanjang jalan desa Tuktuk. Untuk mengetahu hal-hal menarik lainnya di Tuktuk silahkan baca artikel saya yang sebelumnya, klik Tuktuk Siadong Samosir
 
 

Desa Wisata Dokan
Desa Wisata Dokan terletak di kabupaten Tanah Karo. Desa wisata ini kerap juga disebut sebagai desa budaya Dokan. Hal ini berkaitan dengan suguhan budaya karo yang terlihat baik dari pola kehidupan, adat istiadat, kerajinan tangan, rumah adat, dan masih banyak lagi lainnya. salah satu hal yang paling menarik adalah sambutan hangat yang akan anda dapatkan ketika sudah sampai di gerbang desa wisata ini. Kabupaten karo terkenal dengan komoditas sayur dan buah yang bahkan sudah di import hingga ke luar negeri, begitu juga bila anda tengah berkunjung ke desa wisata Dokan maka tidaklah susah mencari aneka buah-buahan seperti jeruk. Untuk selengkapnya silahkan baca di Ayo Berwisata Budaya Karo ke Desa Dokan
 

Desa Wisata Jangga
Jangga Village, diatas pulau Samosir yang merupakan kaldera dari letusan gunung Toba pada 740.000 tahun silam berdiri sebuah desa wisata bernama Jangga. Bila dibandingkan dengan Tuktuk Siadong, desa wisata Jangga memiliki ciri-ciri khas tersendiri. Tuktuk Siadong lebih mengandalkan danau Toba sebagai daya tarik sedangkan desa Jangga menyuguhkan kekayaan budaya batak yang kental seperti zaman dahulu kala. Kegiatan yang paling menarik di desa wisata Jangga adalah melihat prosesi atau ritual adat ditengah-tengah masyarakat Batak. Selain itu melihat rumah-rumah adat besar menjulang tinggi yang dinamai Jabu Bolon berusia tua dan didalamnya terdapat berbagai peninggalan sejarah berkaitan dengan budaya Batak Toba.

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....