Home » , , , » 10 Tempat Wisata Di Sumatera Utara

10 Tempat Wisata Di Sumatera Utara

"Budaya menghantarkan kita pada satu titik tertinggi dari makna kehidupan - Antz"

Indonesia mengalami masa kejayaan di saat kerajaan Majapahit berkuasa hampir di seluruh nusantara bahkan di  negara-negara lain. Sumpah Palapa, dari sang maestro nasionalis Gajah Mada mengukir tonggak betapa ditakutinya kerajaan Majapahit tersebut saat dulu. Sumatera Utara sebagai satu provinsi di pulau Andalas diyakini pernah menjadi saksi sejarah dari kerajaan Sumpah Palapa. Hal tersebut terlihat dari peninggalan bersejarah hindu yang ditemukan hampir diseluruh pelosok kabupaten. Bukti bahwa Medan Marelan pernah menjadi pusat perdagangan dunia semakin terkuak, penemuan situs-situs cina menjadikan Medan tidak hanya layak disebut sebagai destinasi wisata kuliner namun juga wisata budaya.

Untuk itu, penulis tertarik untuk membahas tentang destinasi wisata budaya di Sumatera Utara, sebagai acuan bagi kita kawula muda untuk lebih mencintai dan menghargai tanah kelahiran dimana kaki kita berpijak. Sebab dari sejarah kita bisa mengukur dan membandingan dua zaman yang berbeda.

10 Tempat Wisata Budaya Di Sumatera Utara 

1. Candi Simangambat - Mandailing Natal
Mandailing Natal, sebuah kabupaten yang mayoritas penduduknya bersuku etnis Mandailing. Selain memiliki garis pantai terpanjang di Sumatera Utara kabupaten ini juga memiliki destinasi wisata budaya SUMUT yang tak boleh anda lewatkan yakni Simangambat. 
Untuk mengetahui lebih detil tentang candi ini silahkan klik disini

2. Candi Portibi - Padang Lawas
Kawasan Mandailing sepertinya menjadi sentra peradaban Hindu di tanah Tapanuli dahulu kala, hal tersebut terbukti dari banyaknya Candi ditemukan di daerah ini. Selain Candi Simangambat, Candi Portibi yang terletak di wilayah kabupaten Padang Lawas, kabupaten hasil dari pemekaran kab Mandailing Natal ini memang unik, keindahan dan panorama alam sekitar dan terjaganya candi Portibi tentu menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan.
Untuk mengetahui lebih detil tentang candi Portibi silakan klik disini

3. Mejan - Penanggalen - Pakpak Bharat
Pakpak Bharat, kabupaten hasil dari pemekaran dari Dairi, berbatasan langsung dengan provinsi Aceh yang mayoritas penduduknya bersuku etnis batak Pakpak, mata pencaharian penduduk kab Pakpak Bharat mayoritas bertani, hasil pertanian yang harus anda cicipi dari daerah yang beribukotakan Salak ini adalah Nenas, komoditas unggulan yang kerap dijadikan sebagai buah tangan. Mejan merupakan bentuk dari peninggalan kebudayaan Hindu di Sumatera Utara. Hampir di setiap kecamatan/desa memiliki Mejan (Menhir).
Untuk mengetahui lebih detil tentang Mejan silakan klik disini

4. Situs Hopong - Tapanuli Utara
Menikmati Pariwisata Tapanuli Utara berarti menikmati pesona budaya batak leluhur yang masih terjaga hingga saat ini. Keindahan Taput tidak hanya sebatas wisata alam tetapi keberadaan situs sejarah yakni Hopong akan memperkaya khasanah pengetahuan anda tentang Indonesia. Situs hopong terletak di desa Hopong, oleh karena itu pula diberi nama situs Hopong. Situs ini sama seperti peninggalan sejarah tentang kehadiran pengaruh hindu di Sumatera Utara.
Untuk mengetahui lebih detil tentang Situs Hopong silahkan klik disini

5. Situs Kota Tua Cina - Medan Marelan
Peradaban tinggi di dataran rendah, pesisir kota Medan Marelan di zaman dulu kala dapat anda saksikan di Situs Kota Tua Cina. Penelitian mengenai situs ini telah dimulai sejak lama hingga akhirnya didirikan sebuah museum tempat penyimpanan benda-benda bersejarah berkaitan dengan keberadaan kota tua Cina di Medan Marelan.
Untuk mengetahui lebih detil tentang Situs Kota Tua Cina sila klik disini

6. Makam Papan Tinggi - Tapanuli Tengah
Sebagai pintu masuk agama islam pertama di Indonesia, Barus menjadi destinasi wisata religi berbasis islam di Sumatera Utara. Tapanuli Tengah yang terkenal dengan wisata bahari seperti Pulau Murshala dan Pulau Putri akan menjadi semarak bila anda menyempatkan diri berkunjung ke Makam Papan Tinggi, sisi lain dari kabupaten Tapanuli Tengah. Makam ini terletak di desa Penanggahan kecamatan Barus Utara.
Untuk mengetahui lebih detil tentang Makam Papan Tinggi sila klik disini

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....