Home » , » Festival Danau Toba 2014

Festival Danau Toba 2014


Pada tahun lalu, kabupaten Samosir menjadi tuan rumah Festival danau Toba 2013 yang diselenggarakan dengan menghabiskan dana yang cukup fantastis kini di tahun 2014 Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali menyelenggarakan perhelatan pariwisata terbesar di Sumatera Utara yakni Festival Danau Toba 2014.

Lokasi FDT 2014 bertempat di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang beribukotakan Balige, salah satu destinasi wisata di kawasan Danau Toba yang terkenal dengan kekentalan budaya Bataknya. Jadwal Festival Danau Toba 2014 yang akan dipusatkan di Lumban Silintong ini akan diselenggarakan mulai pada tanggal 17 - 21 September 2014 sesuai dengan surat dari KEMENKRAF nomor HM.304/3/8/WPEK/2013 7 November 2013.

Pada Festival Danau Toba 2014, event dengan konsep wisata budaya dan olahraga akan mendominasi selama event ini berlangsung. Adapun sub event dari FDT 2014 terdiri dari lomba paralayang, lomba Arung Jeram (Rafting), lomba Solu Bolon, Lomba Monzak (seni bela diri khas Batak), Kuliner dan tak ketinggalan pagelaran/pameran pariwisata. Sama seperti pesta danau toba yang sebelumnya, dikesempatan ini juga akan ditampilkan kebudayaan dari 11 kabupaten yang bermukim di sekitar kawasan Danau Toba.

Icon Festival Danau Toba 2014 adalah Ulos, seperti yang kita ketahui bahwa ulos memegang peranan penting didalam setiap aspek kehidupan suku Batak. Bila icon FDT 2013 lalu patung Sigale-Gale raksasa menjadi pusat perhatian maka di FDT 2014 ulos terpanjang di dunia akan menjadi pusat perhatian.

Secara lebih rinci Kegiatan Di Festival Danau Toba 2014 meliputi:
- Pertunjukan Budaya
- Lomba Renang Tradisional
- Lomba Renang Internasional
- Pameran Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif
- Lake Toba World Drum Festival
- Fashion Show
- Lomba Solu Bolon
- Paralayang
- Arung Jeram
- Seminar Pariwisata
- Atraksi Budaya Lokal
- Lomba Vocal (Solo dan Group)

Untuk pra-event Festival Danau Toba 2014 akan diadakan pada 4-5 Mei 2014. 

2 komentar:

  1. mau daftar lomba gimna dan masih bisa daftra gak?

    ReplyDelete
  2. masih bisa daftar untuk ikut lomba gak? caranya gmna?
    thank you

    ReplyDelete

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....