Home » » Geo Wisata

Geo Wisata


Selamat pagi, apa kabar traveler?
Wish everything is ok.
Kali ini saya ingin berbagi tentang pengetahuan geowisata atau yang lebih dikenal dengan istilah geo tourism.Mungkin bagi sebagian anda yang menuntut ilmu di bidang geologi istilah geo bukanlah satria piningit. hehe. Anda pasti sudah jauh lebih tahu dari kami.

Seiring dengan laju perkembangan dunia kepariwisataan yang semakin meluas, kebutuhan dan minat wisatawan juga mengalami pergeseran. Tak ayal lagi, pola wisatawan mulai berubah dari area nyaman (comfort zone). 

Geo, secara harfiah berarti bumi sedangkan tourism adalah pariwisata. 
Jadi, geo wisata merupakan cara menikmati keindahan alam berupa kontur bumi, alam, batuan dan lainnya yang mana merupakan hasil proses dari pembentukannya secara geologi. Point utama geo tourism adalah pelestarian lingkungan, hal ini semakin dipandang sangat penting mengingat ekosistem dunia yang semakin rusak.

Nah, kalian pernah mendaki gunung? yap..!! itu merupakan salah satu dari geo wisata. Mungkin ada dari pembaca yang mengernyitkan dahi seraya berkata: "Kenapa istilah-istilah di dunia pariwisata terkesan semakin njelimet?" hehehe.
Jawabannya sederhana saja, Seiring dengan fenomena Tourism Responsibility yang menekankan pada tanggung jawab pengembangan pariwisata maka istilah-istilah pariwisata yang dulunya hanya terkesan see and enjoy mulai diubah untuk memberi efek kepedulian terhadap kelestarian lingkungan (seperti yang tertuang di paragraf ke dua).

demikian dulu berbagi kali ini dan lain waktu akan disambung.
Salam :)

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....