Home » , , , , » Kuliner Durian Di Sumatera Utara

Kuliner Durian Di Sumatera Utara

Kuliner Sumatera Utara memang sangat menakjubkan, keberagaman dan heterogenitas dari banyak suku bangsa dan etnis yang bermukim hampir merata di seluruh wilayah administratif menjadi sebab kekayaan kulinernya. Medan yang mana merupakan ibukota dari Sumatera Utara, sebuah kota metropolitan terbesar ke tiga di Indonesia dikenal dengan wisata kuliner, dimana seluruh cita rasa makanan dari tiap daerah di Sumatera Utara dapat ditemukan di daerah ini.

Salah satu makanan yang amat kerap dicari oleh wisatawan baik lokal maupun domestik adalah durian Medan. Namun taukah anda bahwa durian Medan merupakan hasil bumi yang aslinya berasal dari daerah-daerah di Sumatera Utara? Durian Medan ada yang berasal dari kabupaten Dairi, Tapanuli Utara, Humbahas, dan tentu saja Nias.

1. Durian Sidikalang
Sidikalang adalah ibukota dari kabupaten Dairi. Sebagai pusat pemerintahan Sidikalang juga menjadi sentra dibidang perekenomian. Secara umum durian Sidikalang berasal dari daerah Tiga Lingga dan Parbuluan meski sebenarnya tiap daerah di kabupaten Dairi juga menghasilkan durian namun pasokannya tidak terlalu besar.




2. Durian Medan
Durian Medan, adalah makanan khas dari Sumatera Utara yang paling terkenal selain Bika Ambon. Durian Medan atau durian Montong dipasok dari daerah kabupaten Dairi dan Humbahas (Humbang Hasundutan). Cita rasa yang unik dan memikat menjadi daya tarik Durian Medan. Sehingga Durian Medan saat ini menjadi komoditas kuliner paling diminati dan memiliki pangsa pasar kuliner terbesar dari wilayah Sumatera Utara




3. Durian Nias
Nias, sebuah kabupaten yang berada persis di Samudera Hindia. Durian Nias sangatlah terkenal dan diminati oleh banyak orang. Rasanya yang manis dengan aroma alkohol alami menjadikan durian ini kerap dicari oleh pecinta buah durian. Namun karena jarak dari kota Medan dengan Nias cukup jauh menjadikan durian Nias lumayan susah untuk ditemukan.

Ketiga daerah tersebut sangat terkenal dengan cita rasa dari duriannya. Banyak pengunjung yang datang ke wilayah Sumatera Utara khusus mendatangi Sidikalang, Medan, maupun Nias untuk merasakan kelezatannya. Bagi anda yang tertarik namun jaraknya jauh dari ketiga daerah tersebut tidak perlu khawatir. karena banyak toko online yang kini telah menjual durian Medan, durian Sidikalang dan juga durian Nias.

Salam Wisata

1 komentar:

  1. Durian Dairi sekalian tambah min... Tapi Dari Segala Macam Durian Yang Paling Enak Tetap Durian Gratis... hahaha....

    ReplyDelete

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....