Home » » Komunikasi Politik dan Efek Internet

Komunikasi Politik dan Efek Internet

Trend, begitulah kata yang tengah mengguncang beberapa tahun terakhir. Ini bukan trend busana, tak juga tentang musik tetapi trend politik di tanah air. Trend komunikasi politik yang sedikit nyeleneh.

Semenjak tumbuhnya dunia cyber di Indonesia. Efek internet mulai menembus banyak bidang seperti pemasaran, edukasi, e commerce, industri kreatif dan lainnya. Pemanfaatan internet melalui sosial media, website dan mail untuk tujuan-tujuan tersebut diatas terbukti berhasil. "A global village suspect"  Begitulah seorang ahli komunikasi berkata.

Dunia perpolitikan juga tak mau kalah, strategi politik melalui aksi pemerkosaan maya pun mencuat. Maya (internet) memang bukan basa-basi. Mereka yang berkutat di dunia politik baik dengan label parpol atau pribadi melancarkan strategi-strategi dengan berbagai cara: propaganda, membentuk opini publik, image branding dan yang tak kalah menarik adalah sensasi ala artis pengen ngetop. Baik....!! Itu semua adalah taktik politik. Tapi apakah semua kicauan atau status mereka membawa pesan politik? Memang tidak, tetapi bagaimanapun upaya yang dilakukan. Positioning masyarakat terhadap para politisi sudah terbentuk sejak dulu. Apapun yang dilakukannya entah itu positif atau negatif, kebanyakan akan berpendapat bahwa postingan para politisi di dunia maya itu bertujuan untuk pencitraan. Menurut anda?

*tulisan ini saya buat saat istirahat sejenak ngerjain skripsi*

1 komentar:

  1. salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....