Periklanan (Advertising) merupakan suatu bentuk
komunikasi dengan tujuan mengajak orang yang melihat, membaca atau
mendengarnya untuk melakukan sesuatu.
Kata Iklan berasal dari bahasa yunani,
yang artinya upaya menggiring orang pada gagasan.
pengertian secara komprehensif atau luas adalah semua bentuk aktifitas
untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang ataupun jasa secara
nonpersonal melalui media yang dibayar oleh sponsor tertentu.
pakar periklanan dari Amerika, S. William Pattis
iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi
dan mempromosikan produk dan jasa kepada seseorang atau pembeli yang
potensial.
Tujuannya periklanan adalah mempengaruhi calon konsumen untuk berfikir
dan bertindak sesuai dengan keinginan si pemasang iklan.
Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian
dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor
tertentu yang memerlukan pembayaran.
Rhenald Kasali (1992:21), secara sedrhana iklan didefinisikan sebagai
pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat
lewat suatu media. Namun demikian, untuk membedakannya dengan
pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya
membeli.
beberapa karakteristik periklanan, yakni:
- Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
- Nonpersonal komunikasi.
- Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
- Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
- Bersifat mempersuasi khalayak.
- Memiliki tujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.
No comments:
Post a Comment
Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....