Home » , , , , » Wisata Sejarah: Rumah Pengasingan Bung Karno di Parapat

Wisata Sejarah: Rumah Pengasingan Bung Karno di Parapat

Lokasi     : Letaknya di Jalan Istana No 5, Parapat (Sumatera Utara)
Direction : Medan - Tebing Tinggi - Siantar - Parapat. 



"bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya"


Bung Soekarno, siapa yang tidak mengenal beliau? seorang tokoh proklamator berjasa bagi kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karena perjuangannya yang tergolong radikal, pemerintah Belanda yang saat itu menjajah Indonesia mengasingkan beliau kebeberapa daerah terpencil, jauh dari basis pemerintahan Belanda.

Parapat, sebuah kota kecil di tepian danau toba menjadi salah satu tempat pengasingan bung Karno. Di kota kecil ini terdapat sebuah rumah yang telah dipugar oleh pemerintah dan dijadikan sebagai Bapak proklamator itu ditempatkan di sebuah rumah di tepi Danau Toba pada 1 Januari 1949, setelah diasingkan di Berastagi. Di rumah ini Soekarno tinggal selama satu setengah bulan bersama Agus Salim dan Sutan Syahrir.

Rumah ini telah dijadikan sebagai salah satu objek pariwisata sejarah di kabupaten Simalungun, untuk mengenang jasa pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia tersebut. Rumah yang menghadap ke danau toba ini masih berdiri kokoh dan terawat. Walaupun dibeberapa bagian sudah diperbaiki, namun keasliannya masih dapat terlihat dari dinding yang terbuat dari papan. Keseluruhan bangunan ini di dominasi warna hitam dan putih.



Terdapat ruang kamar, teras, dan anjungan untuk menikmati pemandangan danau toba. Selain itu masih ada meja, tempat tidur dan kursi yang menjadi saksi bisu perjuangan beliau.

Tidak susah untuk mengadakan perjalanan ke tempat ini. Berada persis di kota Parapat, tepatnya di PTPN 4. Bila berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno anda tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan sejarah saja, tetapi juga wisata air yang menarik, karena lokasinya yang memang dekat dengan danau Toba, sehingga tersedia sarana bermain dan renang. Akomodasi dengan tarif terjangkau juga tersedia bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Seribu Manikam Pariwisata Sumatera Utara.

follow on twitter
Anthony Riel

1 komentar:

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....

INSTAGRAM

Social Media Account