Gereja + Kuil India = Gereja Velangkani

Anda pasti takjub jika melihat sebuah gereja namun mirip seperti kuil-kuil di India. Ya, gereja Katolik ini memang sangat berbeda dengan gereja-gereja Katolik lainnya di Medan. Nama gereja ini adalah gereja Grha Maria Annai Velangkanni, sebuah gereja yang secara keseluruhan berarsitektur India, tak ada bedanya dengan kuil-kuil di India dan kuil lainnya di Medan misalnya . Gereja ini masih terbilang gereja baru, sebab dibangun pada tahun 2001. Pastor James Barataputra, seorang pastor Jesuit yang pertama kali mempelopori berdirinya gereja ini setelah terinspirasi dari keajaiban-keajaiban hadirnya Bunda Maria di desa Velangkanni, Tamil Nadu, India.
Gereja Maria Annai Velangkanni dibangun di dekat kompleks perumahan Sakura Indah, Tanjung selamat, Medan, Sumatera Utara. Gereja yang diresmikan oleh Uskup Medan, Mgr. Pius Batubara ini menyimpan banyak keajaiban seperti mata air yang ditemukan di bawah patung bunda Maria segera setelah peletakan batu pertama. Dipercaya mata ari ini adalah suci, dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Keajaiban ini telah membawa gereja Maria Annai Velangkanni sebagai tempat tujuan wisata rohani umat Katolik sekaligus sebagai tempat ibadah yang menarik bagi orang-orang di luar Medan.

Gereja ini memberikan pengabdiannya kepada Bunda Maria yang telah lama menampakkan dirinya di pesisir desa Velangkanni, Tami Nadu, India sekitar abad 17. Nama Annai Velangkani diambil dari bahasa India. Annai yang berarti bunda dan Velangkanni adalah desa di mana Bunda Maria menampakkan diri. Penampakan ini menjadi latar belakang dibangunnya gereja Katolik berarsitektur Mogul, ciri khas kuil-kuil di India. Saat masuk ke dalam gereja, pengunjung akan terkesima dengan arsitektur yang dibuat begitu indahnya, gambar-gambar dan lukisan berwarna-warni yang memberikan kesan indah dan damai.
Tidak seperti gereja lain di kota-kota besar, suasana di dalam gereja begitu berbeda saat peziarah atau pengunjung melihat pilar-pilar gereja yang megah, kisah penciptaan yang ditorehkan di dalam gereja sampai gambaran perjamuan terakhir Yesus bersama para murid.  Lukisan-lukisan gambaran yang sakral dan begitu mengagumkan. Tempat ini sangat menarik sangat dikunjungi terutama bagi peziarah Katolik yang begitu mengagumi Bunda Maria, sangat cocok dengan hasrat peziarah untuk menumbuhkan iman Katolik. Sebagai pengantar untuk masuk ke dalam gereja ini, pengunjung akan diberikan pamflet di dekat pintu gerbang gereja. Di pamflet tersebut akan dijelaskan secara lebih mendalam tentang sejarah gereja Maria ini terbentuk berikut dengan kisah menarik di dalamnya.
Lokasi gereja ini masih berada di kawasan Asam Kumbang, Tanjung Selamat, Medan. Tepatnya di Jl. Sakura Indah III.

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....