Menelisik Rumah Bung Karno Di Berastagi

Monumen Bung Karno Di Berastagi

Soekarno, bapak presiden pertama negara Indonesia yang telah menghantarkan ibu pertiwi ke pintu gerbang kemerdekaan. Beliau adalah sosok pahlawan bangsa dari cengkraman penjajahan.

Film Soekarno karya sutradara besar Hanung Bramantiyo mengingatkan penulis betapa besarnya perjuangan yang harus dilewati tokoh proklamator Indonesia tersebut demi menggapai cita-citanya membawa rakyat Indonesia ke pintu gerbang kemerdekaan.


Di kota Berastagi kabupaten Karo, terdapat sebuah rumah pengasingan bung Karno pada  tanggal 22 desember 1984 silam. Selama 23 hari ayah dari mantan presiden ibu Megawati Soekarno Putri tersebut diasingkan di tanah karo yang kemudian diasingkan lagi ke kota Parapat.

Rumah Bung Karno Dalam Bentuk Miniatur
Rumah pengasingan bung Karno di kota Berastagi menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib bagi penyuka sejarah dan bahkan bagi seluruh warga masyarakat. Karena pada dasarnya sebagai warga yang baik tidaklah baik melupakan sejarah dan tokoh-tokoh perjuangan bangsa.

Meski terlihat sederhana namun rumah bung Karno di berastagi tetap terlihat sangat menarik. Terdapat sebuah patung berukuran 7 m terbuat dari perunggu. Monumen bung Karno ini didirikan pada tahun 2005 oleh Guruh Soekarno Putra.

Rumah Pengasingan Bung Karno Di Berastagi
Walaupun hanya 23 hari diasingkan di Berastagi dan kemudian diasingkan ke Parapat. Namun masyarakat Karo pantas berbangga hati karena tokoh berwibawa dan bijak yakni Bung Karno pernah tinggal untuk sementara waktu di kota buah dan wisata Berastagi saat agresi Belanda kedua tengah berlangsung.

Melalui film Sukarno yang akan tayang dibulan Desember 2013 ini. Semoga rasa persatuan dan kesatuan yang ditanamkan beliau akan kembali merebak memenuhi segenap lapisan masyarakat Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....