Home » , » Tempat Wisata dan Tentang Pariwisata Aceh

Tempat Wisata dan Tentang Pariwisata Aceh


Aceh merupakan tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun internasional, ada banyak tempat wisata menarik di aceh. Hal ini karena aceh memiliki destinasi wisata bahari, sejarah, alam, kuliner yang berbeda antara yang satu dengan daerah lain di Indonesia. Berikut 11 daerah tujuan wisata di Aceh yang sering dikunjungi:

1. Mesjid Raya Baiturrahman Aceh

Mesjid Raya Baiturrahman adalah mesjid terbesar dan termegah di Aceh. Mesjid ini mempunyai arsitektur yang sangat  indah dan terletak di pusat Kota Banda Aceh. Mesjid Raya Baiturrahman tidak hanya  berfungsi sebagai sebuah tempat religious dan peribadatan semata, tetapi juga mempunyai makna yang tentunya mendalam bagi masyarakat Aceh berkaitan dengan sejarah kependudukan Belanda di daerah aceh pada masa lalu. Ketika Belanda belum menduduki Aceh, mesjid ini dipergunakan oleh para pejuang Aceh sebagai markas pertahanan demi menjaga kedaulatan banda aceh.


 2. Museum Aceh
pada tahun 1914 membangun Rumoh Atjeh (Rumah Aceh) dibangun oleh kolonial Belanda. Rumoh Atjeh tersebut digunakan sebagai tempat pameran barang-barang yang berasal dari Aceh dalam Pameran Kolonial (de-koniale tenstoonsteling). Pameran yang dilaksanakan di Semarang Jawa Tengah pada tanggal 13 s.d. 15 Agustus 1915. Setelah selesai pameran, bangunan ini kembali dibongkar dan dibawa ke Kutaraja. Selanjutnya rumoh tersebut dibangun sesuai dengan bentuknya semula dan dijadikan Museum Aceh yang ditempatkan di samping lapangan eksplanade Kutaraja. Masyarakat menyebut museum ini dengan nama “Rumoh Aceh” kemudian MuseumAceh sendiri diresmikan pemakaiannya pada tanggal 31 Juli 1915.
Museum Negeri Aceh adalah museum yang dikelola Pemerintah dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai benda bersejarah, baik dari masa kerajaan hingga masa kemerdekaan republik Indonesia. Koleksi yang ada di museum ini antara lain: Stempel Kerajaan Aceh, Replika Makam Malikul Saleh, berbagai naskah kuno, berbagai mata uang Kerajaan Aceh dan lain-lain.

3. Danau Lau Tawar
Danau Lau Tawar terletak di Takengon, ibukota Aceh Tengah,  danau ini  sering untuk dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun domestik. Danau Lau Tawar merupakan danau Cladera yang dikelilingi oleh karang yang terjal  sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot memanjat tebing. Airnya danau lau tawar berwarna biru dan segar, hal ini tentu saja menjadi daya yang sangat menarik untuk berebang kapan saja. Danau Lau Tawar Takengon adalah tempat memancing yang sangat menarik selama liburan karena berbagai jenis dan macam ikan hidup didalamnya. Wisatawan dapat menikmati kapal wisata melalui jalan raya yang lokasinya berada persis disekeliling danau. Di sekitar danau ini terdapat sebuah goa yang unik dan memiliki legenda yang bernama gua Loyang Koro dan Loyang Pukes 

4. Taman Sari Gunongan

Salah satu peninggalan budaya bernilai sejarah dan masih dapat disaksikan dalam keadaan utuh adalah Gunongan lengkap dengan Taman Sarinya. Gunongan  terletak di pusat Kota Banda Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Tempat wisata di banca aceh ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor atau bisa juga menggunakan angkutan umum melaui Jalan Teuku Umar. Taman Sari Gunongan merupakan salah satu peninngalan Kerajaan Aceh, setelah keraton (dalam) tidak terselamatkan karena Belanda menyerbu Aceh disaat masa penjajahan kolonial. Tempat wisata sejarah dan heritage ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun  1607 - 1636.


5. Pantai Iboih Sabang
Daerah wisata provinsi Aceh yang merupakan wisata bahari salah satunya adalah Iboih yang merupakan kawasan wisata pantai yang sangat terkenal dengan aktifitas olah raga bawah laut seperti berenang, diving dan snorkeling sambil menikmati keanekaragaman terumbu karang, ikan hias dan ikan karang (angel fish, surgeon fish, parrot fish dan beragam jenis ikan laut lainnya) yang jarang ditemui pada beberapa taman laut di tempat lain, seperti ikan napoleon. Kawasan wisata bahari Iboih didukung dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai. Disini juga terdapat hutan wisata yang sangat indah dengan keanekaragaman dan kekayaan flora dan faunanya sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.


6. Pantai Kasih Sabang
Pantai kasih sabang adalah keindahan wisata bahari yang terletak di sabang sehingga sangat indah dan sangat menyenangkan. Terletak di bagian belakang kota dan hanya memerlukan perjalanan  singkat dari akomodasi manapun di Sabang.  Penduduk lokal biasanya menghabiskan waktu mereka di sore hari sampai malam di pantai kasih sabang karena lokasinya  sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata untuk segala umur. selain tempat wisata tersebut diatas masih banyak destinasi yang sangat menarik di aceh seperti:

7. Aneuk Laot Sabang
Aneuk Laot dalam bahasa Aceh berarti ”Anak laut”. Danau  ini merupakan waduk kolam air segar dam merupakan salah satu alasan untuk mendirikan pelabuhan di Sabang. Pemandangannya yamh menarik. berjarak sekitar 40 menit dari kota. Wisatawan amat tertarik untuk berjalan di sepanjang Pasiran karena kira-kira 300 meter di bawah Zwembad wisatawan akan menemukan perusahaan listrik. Bila anda memilih untuk mengambil jalan ke kiri. Menuju ke atas anda menyeberangi lapangan rumput yang luas . Nun Jauh di ujung dan bukit terdapat panorama yang indah sepanjang danau dengan latar belakang Pantai Sabang yang menjadi destinasi wisata terkenal di Asia Tenggara dan dunia

8. Wisata Bahari Pantai Gapang - Sabang
Gapang merupakan wisata pantai yang sangat indah dan terkenal dengan pantai pasir putih disini juga terdapat sebuah Monumen KM 0 Republik Indonesia yang menjadi manifestasi bahwa Indonesia terbentang dari “Sabang Sampai Merauke”  hal ini menyebabkan wisatawan selalu berusaha mencapai daerah wisata Pantai Gapang bila berplesir ke Sabang - Aceh.

9. Pantai Tapak Gajah - Sabang
Pantai Tapak Gajah dengan jarak yang sangat dekat dengan Pantai Kasih, keduanya terletak tidak jauh dari daerah perkotaan. Pantai ini dikelilingi oleh berbagai batu karang yang memanjang di lautan dan menjadi tempat yang sesuai untuk kegiatan berenang, khususnya bagi anak-anak sehingga sering kali dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

10. Pantai Sumur Tiga - Sabang
Pantai Sumur Tiga berada di sebelah Pantai Tapak Gajah. Pantai Sumur Tiga  memiliki warna putih dan terletak di bawah bukit yang curam yang dikelilingi oleh berbargai pepohonan dan flora, sehingga terciptalah suasana pantai yang teduh dan nyaman. Kegiatan menyelam atau diving juga dapat dilakukan di sepanjang pantai ini.

11. Tempat Surfing Di Aceh
Wilatyah Administratif provinsi Aceh, Kabupaten Simeulue memiliki lokasi ideal untuk kegiatan surfing/selancar yang diminati oleh peselancar terutama dari luar negeri seperti: Australia, Perancis, dan Jerman, hal ini disebabkan karena Simeuleu memiliki ombak cukup tinggi mencapai 5 meter.  Lokasi surfing di aceh tepatnya di Simeuleu antara lain di: Matanurung Busung, Alus-alus, Nancala, Pulau Teupah, Pulau Batu Belayar, Pulau Mincau, La`ayon dan Salur. Para peselancar dari aceh datang ke Simeuleu menggunakan pesawat udara rata-rata 3 – 5 orang dalam satu rombongan dan menginap kurang lebih selama  5 – 6 hari.

KANTOR DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA ACEH
Alamat : Jln Tgk.Chik Kuta Karang No.03,Banda Aceh,Provinsi Aceh
Facebook : disbudpar aceh
Twitter : @disbudparaceh
Kota : Banda Aceh
Provinsi Aceh
Kode Pos : 23121
Indonesia

Email : disbudpar@acehprov.go.id
Telp : (0651) 26206, 23692
Fax : (0651) 33723
http://www.disbudpar.acehprov.go.id

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....