informasi pariwisata dan budaya di Sumatera Utara

10 Tempat Wisata Di Asahan

Asahan, salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang mayoritas penduduknya bersuku Melayu. Ibukota kabupaten Asahan adalah Tanjung Balai. Kuliner Asahan identik dengan kuliner Melayu pada umumnya, seperti gulai daging, roti jala dan anyang pakis. Jarak dari Medan ke kota Asahan sekitar 345 km.
Nah, bila anda tengah menyambangi kota Medan, atau Sumatera Utara tidak melulu ke Danau Toba saja. Sila sambangi kabupaten Asahanyang tak kalah menarik dengan kabupaten lain di provinsi Sumut ini.
Ada beberapa tempat wisata menarik, keindahan alam di Tanah melayu ini memang cukup menakjubkan. Letak geografis dan kebudayaan melekat begitu utuh sehingga memberikan kesan yang tak akan terlupakan

10 Destinasi Wisata Di Kabupaten Asahan
Sungai terbesar di Sumatera Utara, berasal dari Danau Toba. Merupakan mega proyek besar PT Inalum yang dulunya dikelola oleh investor dari Negara Jepang. Asahan sangat terkenal karena aliran sungai deras berbatu ditambah keasrian hutan hijau di sepanjang sungai  sehingga cocok dijadikan sebgai lokasi wisata arung jeram (rafting). Di sungai Asahan kerap diadakan lomba rafting tingkat internasional, baca selengkapnya

Paritohan
Waduk (DAM) Sigura-gura, pembangkit listrik tenaga air ini menjadi tumpuan besar bagi pasokan listrik untuk provinsi Sumatera Utara. Tapi bukan itu yang akan kita bahas, disekitar DAM terdapat pemandangan alam yang sangat menakjubkan.


Air Terjun Simonang Monang Asahan
Air terjun Simonang monang terletak di kecamatan Bandar Pulau. Bandar pulau merupakan kecamatan di kabupaten Asahan yang memiliki banyak tempat wisata alam.


Jembatan Gantung Bedeng Asahan
Satu lagi keunikan pariwisata Asahan adalah keberadaan jembatan gantung bernama Bedeng. Objek wisata menarik ini terletak di kecamatan Aek Songsongan. Keindahan yang memukau dari aliran sungai Asahan terlihat semakin menggoda bila anda berjalan diatas jembatan kecil nan sempit. 


Air Terjun Alam Tani Asahan
Air Terjun Alam Tani terletak di kecamatan Bandar Pulau. Air terjun ini menjadi daya tarik yang memikat wisatawan karena keindahannya. Berbagai macam flora dan fauna dapat anda saksikan di sekitar air terjun. Airnya yang jernih akan terasa begitu menyejukkan.


Kuliner Kisaran Asahan
Sebagai ibukota dari kabupaten Asahan, kuliner berpusat di kota Kisaran. Di kota ini anda dapat menikmati berbagai macam jenis masakan melayu. Kuliner Melayu identik dengan keberadaan Santan Kelapa jadi jangan heran bila setiap masakan yang anda temui pasti akan dibumbui kelapa. Selain itu letaknya yang berada di daerah pesisir berpengaruh besar terhadap bahan dasar, menu dan cita rasa kulinernya, seafood.


Air Terjun Ponot Asahan
Air terjun ini merupakan salah satu aliran sungai yang akan menyatu dengan sungai terbesar di Sumatera Utara, Asahan. Air terjun Ponot mengalir dan jatuh diantara hijaunya alam. Keindahan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun domestik untuk berkunjung.

Air Terjun Unong Sisapa Asahan
memiliki ketinggian sekitar 30 meter, Air terjun bernama Unong Sisapa ini terletak di desa Aek Silabat kecamatan Bandar Madoge yang dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari ibu kota kabupaten. Air terjun Unong Sisapa kerap dijadikan sebagai lokasi wisata karena masih jarang didatangi oleh wisatawan sehingga masih terjaga dengan sangat baik.


26 comments:

Anonymous said...

saya orang asahan dan bangga dan takjub dengan alam di asahan

Antonius Naibaho said...

Majulah Pariwisata Sumut :)

Unknown said...

waw keren banget (y) jadi bangga menjadi anak asahan :)

Riduan Rista said...

Aq di asahan skarang

Unknown said...

Klarifikasi Ibukota Asahan adalah Kisaran.
sedangkan Tj.balai adalah kota madya sejak lama..
allhamdulilah karya aku yg alam tani masuk juga

hermanto said...

Ralat Gan, ibu kota asahan itu KISARAN

Unknown said...

ehm.. ada mall nya gak ya??

Unknown said...

Kuliner kisaran asahan itu gambar tanjung balai bukan kisaran..
Dan 1 lg.. seluluruh pasokan ikan segar kisaran itu dr tanjung balai (kota kerang) semua hasil laut ada di tanjung balai. Dan bukan kisaran...

dian_reynaldo said...

Salju panas yang di tinggi raja kok gak masuk?

dian_reynaldo said...

Salju panas yang di tinggi raja kok gak masuk?

Unknown said...

sakit bang? :D ngomongin wisata alamnya kok malah nanya Mall... sana sikat gigi dulu :V

Unknown said...

Q orang jawa..tp sering ke kisaran...jd kurang pengalaman...cm prnah dengar nma2 wisata itu tp gk tau tempatnya..

Unknown said...

Salju Panas itu di Tebing.. Dolok Tinggi Raja. Kalau Tinggi Raja Asahan namanya Danau Teratai ^_^

Unknown said...

Satu lagi Tukang lemak orang tanjung balai

Unknown said...

Satu lagi Tukang lemak orang tanjung balai

Unknown said...

Mana ada Mall nya , yang ada HUTAN, SAWIT , dan POHON Karet atau RAMBONG :)

Unknown said...

Lu Pikir T. Balai aja Pemasok IKAN LAUT, Desa Silau Bonto Juga Laut BESAR KELES, Mereka Pemasuk Ikan Laut Terbesar Juga di daerah Asahan , Ngerti kan.. :)

Unknown said...

Itu Bukan Tinggi Raja Asahan, tapi Tinggi Raja Simalungun , hadehhhh

Imanuel Pahala Sinaga said...

Danau Toba lebih indah ! Pemerintah aja tg ga bgitu memperhatikan kawasan danau toba

Amril sitorus said...

Kampungku dekat ponot..

Amril sitorus said...

Kampungku dekat ponot...

Amril sitorus said...

Kampungku dekat ponot..

Fire Soul said...

Tinggi raja yg di galang ya?
Kalau itu yg dimaksud, itu bukan daerah asahan

Unknown said...

Horas Asahan

Anonymous said...

Salam dariku anak Asahan kec. Aek songsongan desalobu rappa

yudha said...

air terjun jamboara dan air terjun pengantin dii bandar pasir mandoge satu lagi ada mesjid raya asahan tepatnya di kota kisaran asahan depan kantor bupati asahan

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....