informasi pariwisata dan budaya di Sumatera Utara

5 Pulau Di Danau Toba



1. Pulau Samosir.


Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatera Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis. Pulau ini menyimpan sejuta manikam pariwisata di Sumatera Utara yang sangat layak untuk dikunjungi, berbagai keindahaan alam dan cagar budaya menjadi pengikat bagi masyarakat baik lokal maupun domestik untuk berkunjung

Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama dua minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama satu minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.
2. Pulau Tao
Pulao Tao adalah sebuah pulau yang amat kecil (dibandingkan dengan pulau samosir ini) yang terletak sangat dekat dengan pulau Samosir. Pulau Tao yang sering juga disebut sebagai pualau Malau ini terletak persis di kawasan kecamatan Simanindo, jaraknya kira-kira 10 menit dengan kapal dari kota Simanindo  yang berada di pulau Samosir.  Kota Simanindo sendiri terletak dipertengahan antara Pangururan dengan Tomok (tempat kapal ferry berlabuh untuk masuk ke pulau ini).

Terdapat sebuah restoran di pulau ini yang disyalir satu-satunya bangunan disepanjang kawasan pulau tao yang panjangnya hanya sekitar 1 kilometer ini. Dulu sempat ada penginapan namun sayang karena sepi pengunjung mn\enyebabkan hotel ini ditutup.

Menikmati Pulau tao cukup menarik, selain tempatnya yang jauh dari hiruk pikuk manusia, anda juga dapat memandangi kontur gunung bukit barisan yang terlihat sangat jelas dari pulau ini.


3. Pulau Sibandang

Surganya buah Mangga,
benar saja, pulau ini memang menjadi salah satu sentra penghasil buah mangga dari tapanuli utara, selain itu letaknya yang juga berada persisi di Danau Toba menjadikan pulau ini tak kalah menarik dengan Pulau Samosir yang selama ini dikenal oleh masyarakat luas.
Maka dari itu anda wajib untuk menggunjungi Pulau Sibandang yang berada di ketinggian lebih kurang 1173 meter dari atas permukaan laut dapat di akses dari Kota Muara, Balige dan Huta Nainggolan Pulau Samosir dengan menggunakan kapal motor.
Pulau ini juga terkenal sebagai penghasil buah mangga yang enak dan manis rasanya. Untuk menjelajahi Pulau Sibandang sangat disarankan pada pagi hari yang cerah.
Selama ini masyarakat luas hanya mengetahui kalau wisata yang menarik di kawasan Danau Toba hanyalah pulau Samosir saja, ternyata banyak pulau pulau kecil yang sangat menarik dan enggan rasanya kalau dilewatkan begitu saja. 

4. Pulau Tulas
Sebuah pulau kecil yang masih perawan, dan belum tersentuh sedikitpun oleh manusia, inilah pulau Tulas yang berada di kawasan Danau Toba, Kabupaten samosir, perairan darat terluas di asia tenggara yang akan dijadikan sebagai wisata geopark of lake toba oleh badan UNESCO.

Jika anda sedang mendaki atau menaiki pussuk Buhit, atau sedang menaiki transportasi air seperti kapal very atau speedboat, Pulau ini nampak sangat jelas dengan hamparan warna hijau yang menyelimuti keseluruhan pulau ini. Selain itu air danau yang berwarna kehijauan seolah memberi nuansa yang sangat eksotis dan mengagumkan mata.

Namun sayang sekali, pulau yang termsuk di kawasan Pangurua tempat ini tidak berpenghuni sehingga jarang orang yang berkunjung ke pulau tersendiri ini, hanya ditumbuhi oleh semak belukar dan berbagai jenis hewan yang mengisi kekosongan pulau hijau nan indah ini.

5. Pulau Tolping
Pulau ini terletak di kabupaten Dairi, tepatnya disebuah desa wisata yang lebih dikenal denagn sebutan sebagai desa Silalahi. Masyarakat di kawasan danau Toba sendiri menyebutkan bahwa daerah silalahi merupakan ujung dari danau toba, karena hanya di daerah inilah danau toba dapat diukur kedalamannya.
Pulau ini memang terlihat kecil, namun sangat mengagumkan karena dihubungkan oleh bebatuan kecil yang tersusun secara rapi oleh alam, batuan ini membujur sampai menuju pulau eksotis ini. 

No comments:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....