Membuat media promosi sudah menjadi makanan saya sehari-hari. ibarat siang dan malam atau
ibarat Rafli Ahmda dan Nagita. Eaak...!!. Membuat media promosi sebenernya
gampang-gampang mudah, tergantung dari jenis media seperti apa yang akan dibuat. Kalau
menurut saya, media promosi yang bagus itu adalah media yang memuat pesan dan
berhasil menempatkan pesan tersebut dibenak audience. Nah pertanyaannya adalah,
bagaimana cara membuat media yang menarik?
1. Cari
Ide
Kalau di kampus, perpustakaan. Paling hobby baca
majalah BnB. Sayangnya aku enggak tau apa kepanjangan dari BnB itu. Majalah
full colour yang isinya memuat bagaimana cara membuat media promosi yang
menarik ini: so inspiring. And I am inspired. Selain dari majalah, kamu juga
dapat melihat berbagai jenis iklan baik di TV atau media iklan lainnya. Tetapi
jangan sampai benar-benar mengcopy ide dari media tersebut, make sure that you
only take idea to make more interesting one!.
2. POI
Point Of Interest, adalah salah satu hal yang harus
kami perhatikan. Produk yang ingin kamu tanamkan dibenak audience harus
memiliki POI (point of interest) misalnya: harga produk yang murah, kelebihan
dari produk atau hal-hal lainnya yang membuat orang harus memilih produk kamu.
4. Kesesuaian
Apa itu kesesuaian? artinya produk yang ingin kamu
jual harus sesuai dengan model yang juga kamu gunakan. Kalau model yang kamu
pakai adalah manusia, jangan lupa penampilannya juga harus sesuai dengan
produk. Misal produk yang kamu ingin jual adalah pakaian renang, jangan
menggunakan model yang malah menggunakan pakaian adat, please! that's really
rude.
Satu lagi, kalau mau buat media promosi yang ada
manusia-nya dengan wajahnya yang enggak terlalu mendukung a.k.a tidak menjual
kali. Dan sialnya cuma ada mukanya di semua foto, pilih foto yang membelakangi
kamera.
4. Out Of The Box
Salah satu cara paling out of the box untuk menyampaikan
pesan di media promosi adalah mengisinya dengan content yang membuat target
bingung atas ketidaklengkapan informasi di media promosi tersebut. Branding dan
promosi terselubung, jadi yang baca bakal lari ke situs/kontak yang tertera.
Asyikkan? Situs/media sosial kamu bakal dikunjungi, dan makin asyik kalau
contact personnya disenggol, selanjutnya terjadilah apa yang kita
inginkan,komunikasi 2 arah. -,-.
2 comments:
Keep this going please, great job!
Ini menarik N tentunya bermanfaat...TQ
Post a Comment
Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....