Tuktuk Siadong Samosir


Jika anda ingin menikmati kesunyian ditengah manikam pariwisata Sumatera Utara yang bernuansa keekostisan Danau Toba, berkunjunglah ke sebuah semenanjung pulau samosir yang menjadi tempat favorit bagi traveler dan backpacker domestik, inilah dia Desa Tuktuk Siadong. 

Desa Tuktuk Siadong berada di kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Yang berada di Pulau terbesar di lingkup kawasan Danau Toba, Pulau Samosir.  
Hampir disetiap sudut desa menyuguhkan view akan keindahan Danau Toba, Selain itu juga, disini anda dapat menikmati pagelaran seni budaya batak yang mana ditampilkan setiap minggu di beberapa cafe/hotel, belajar membuat patung-patung etnik batak, berspeedboat mengelilingi sekitar Tuktuk, berenang, shopping (berbelanja) barang-barang batak art, bersepeda atau menaiki motor mengelilingi seluruh sudut desa Tuktuk dan satu hal lagi yang sangat menarik, belajar menenun ulos!. Karena biasanya para penjual ulos menyediakan alat tenun ulos tradisional di toko/gerai mereka untuk para pembeli yang ingin mencoba. 

Semenanjung Tuktuk menjadi kawasan central tourism, karena tempatnya yang menyuguhkan segala hal tentang danau toba secara full package (paket lengkap), mungkin hal ini jugalah menjadi penyebab mengapa wisatawan mancanegara lebih memilih Tuktuk ketimbang tempat lainnya jika ingin berwisata di danau toba untuk waktu lama.


Jika anda berencana untuk menginap, ada banyak hotel, cafe dan penginapan tersedia di desa wisata ini. Tarif yang ditawarkan juga sangat beragam dan sesuai dengan isi dompet. Mulai dari tarif kamar murah yang cocok untuk para backpacker, atau tarif yang mahal bagi anda traveler berkantung tebal. 

Namun sangat disayangkan, keindahan alam dan kebudayaan tersebut tidak serta merta didukung oleh karakter pelaku pariwisata sekitarnya. Jiwa hospitality industri mereka masih jauh dari apa yang seharusnya mereka miliki sebagai tourism servicer. Terkecuali di hotel dan tempat lain yang notabene memang sangat menekankan hospitality (goods and service).

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....