7 Keunikan Sumatera Utara

1. Becak Medan


 kalau ditanya apa alat transportasi yang pertama sekali dicari pengunjung jika ke medan, jawabannya adalah Becak Medan.

Becak Medan ya becak Medan!!

benar sekali, desain yg unik, ditambah pernak pernik hasil kreatifitas sang empunya membuat becak ini seolah menjadi maskot kenderaan di Medan. Tetapi jangan salah! walaupun namanya jelas mengidentikkan ibu kota provinsi, namun keberadaanya kini sudah menyebar di seluruh kawasan Sumatera Utara.


2. Bika Ambon 

Pertama sekali mendengar kue ini, pasti anda akan teringat sebuah nama kota dibagian timur, Ambon!

Menurut desas desus yang beredar, ada 2 versi mengapa disebut bika ambon. Versi pertama mengasumsikan bahwa pembuat kue ini adalah orang Ambon namun berdomisili di Medan. Sedangkan versi ke dua adalah warna kue ini yang memang gelap, sehingga dihubungkan dengan kata Ambon. Dimana kulit penduduknya mayoritas berwarna gelap manis.

Bika Ambon menjadi buah tangan wajib jika berkunjung ke Sumatera Utara. Hampir di setiap sudut para pedagang menyediakan roti yang sebagian besar komposisinya terbuat dari nira dan madu ini.


3. Ulos 

Masyarakat di Sumatera Utara sebagian besar merupakan suku Batak. Warisan kebudayaan batak turun temurun yang memiliki nilai tinggi berwujud pada beberapa peninggalan nenek moyang, namun masih dijaga dan dilestarikan sampai sekarang.

Ulos adalah salah satu element tak terpisahkan dari setiap kegiatan adat istiadat masyarakat batak. Dulunya ulos hanya berupa kain dengan motif dan warna yang didominasi hitam, merah dan putih. Sesuai perkembangan mode, kini tampilannya semakin lebih atraktif dan menarik. Ulos juga diklasifikasikan kedalam beberapa jenis berkenaan dengan fungsinya.

Nah bagi anda yang berkunjung ke Sumatera Utara, jangan melewatkan kerajinan yang satu ini untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

4. Danau Toba 

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.
Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara  menarik wisatawan domestik maupun mancanegara
Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.

5. Kopi Sidikalang 

Walaupun namanya tidak begitu tenar di Indonesia, tetapi bagi penikmat kopi di luar negeri pasti mereka mengenal kopi Sidikalang. apa sebab?
Kopi ini memiliki cita rasa khas tersendiri dilidah dan sulit diungkapkan dengan kata-kata, jadi lebih baik anda sendiri yang mencobanya. Sekalipun diseduh di dapur, wanginya akan menyebar ke seluruh penjuru rumah. Kopi Sidikalang memiliki kandungan kafein cukup tinggi. Jadi jangan terkejut jika anda bisa melek sampai semalam suntuk bila sudah mengkonsumsinya.
Penasaran?
Kalau mau mendapat kopi ini, Anda harus bersedia meluangkan waktu berplesir ke Sidikalang karena hanya di kota inilah anda bisa menemukan, sesuai dengan namanya, Kopi Sidikalang!


6. Rahmad Wildlife Museum and Gallery

Merupakan sebuah museum galeri dengan beragam koleksi yang sangat mengagumkan dari berbagai binatang macam satwa liar diawetkan. Dengan 1000 binatang koleksi dari seluruh penjuru Dunia.

Museum ini disnyalir sebagai Galeri terlengkap di Asia Tenggara, Rahmat Syah sang pendiri telah mendapatkan beberapa penghargaan Internasional maupun Nasional atas gagasannya dalam konservasi pelesatarian satwa liar dunia. Seperti The Big Five Grand Slam Awards dan World Hunting Awards, Dan beliau adalah orang pertama dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut.


7. Taman Wisata Iman Dairi 
Disaat negara kita menghadapi konflik SARA berkepanjangan. Taman wisata iman hadir memberikan kontribusi untuk perdamaian dan mengingatkan kita tentang kerukunan umat beragama, Keunikannya terletak pada 5 tempat ibadah di Indonesia, ditata sedemikian rupa di satu tempat bernama bukit sitinjo. Tidak hanya itu saja traveller! banyak monumen dan patung buatan dari setiap agama bisa ditemukan disini.

Selain itu, Pemandangan dan Keasrian alam menjadi suatu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung!
Dimana lagi bisa menemukan tempat wisata religi di Indonesia yang berkonsep Kerukunan dan persatuan kalau bukan Taman wisata iman dairi.

1 komentar:

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....