Home » , , , , » DESA PEGAJAHAN, KAMPUNG BALI DI SERGAI

DESA PEGAJAHAN, KAMPUNG BALI DI SERGAI

Ingin mengetahui bagaimana kehidupan sehari-hari masyarakat Hindu Bali? Tak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali, datang saja ke Desa pegajahan, 12 km dari Perbaungan. Disini bermukim komunitas etnis Bali yang masih taat akan tradisi. Saat memasuki wilayah desa Pegajahan Kecamatan Perbaungan, kita serasa berada di Pulau Bali. Bagaimana tidak? Di beberapa ujung gang jalan memasuki dusun-dusun desa itu berdiri bangunan gapura yang berornamen khas bali. Banyak orang menyebutkan beberapa dusun di desa Pegajahan ini sebagai kampung Bali.

Menurut ceritanya, warga Bali yang tinggal di Sergai ini adalah para buruh kontrak yang didatangkan langsung dari Pulau Bali oleh perusahaan perkebunan PTPN IV Adolina sekitar tahun 1962. saat itu ada sekitar 53 KK atau 200 jiwa yang bermukim di Desa Pegajahan. Komunitas ini hidup berdampingan dengan sejumlah buruh perkebunan lainnya yang memang berasal dari bermacam-macam etnis. Ada Jawa, kalimantan, Simalungun, Tapanuli dan Melayu. Walau jau dari kampung halaman, namun komunitas ini tetap mempertahankan adat istiadat dan keyakinan mereka. Sekitar tahun 1989, didirikan sebuah Pura di dusun IIB Pegajahan. Pembangunan pura ini dibantu oleh sejumlah warga Bali yang tersebar dibeberapa wilayah Sumut. Pura yang diberi nama Pura Penataran Dharmaraksaka ini sendiri ramai dikunjungi setidaknya dua kali sebulan oleh umat Hindu Bali untuk beribadah pada waktu purnama dan Tilem (bulan gelap). Upacara ini dipimpin oleh Pandita Wayan Gio. Karena komunitasnya yang kecil membuat warga Bali ini memiliki rasa kekeluargaan yang kental dengan saling mengunjungi warga Bali lainnya diluar Sergai.

OBJEK WISATA

Melihat keunikan yang ada di desa Pegajahan ini banyak orang yang menilainya layak menjadi objek wisata. Hal ini dirasakan oleh Nengah. Selalu saja ada orang-orang sengaja mendatangi pura untuk melihat-lihat atau sekedar ingin merasakan berada di Pulau Bali. Apalagi kawasan Desa Pegajahan dikenal sebagai daerah home industri yang memiliki banyak pengrajin usaha kecil. Kalau kawasan ini dipromosikan tentu saja akan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat.

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....