10 Air Terjun Di Sumatera Utara

Sumatera Utara terkenal dengan panoramanya yang indah dan eksotis. Terbukti Sumatera Utara menyimpan keindahan sendiri untuk daftar objek wisata air terjun.  Berikut adalah daftar tujuan wisata air terjun di Sumatera Utara yang saying untuk dilewatkan jika berkunjung ke Sumatera Utara :

1. Aek Sijornih – Tapanuli Selatan

Air Terjun Aek Sijornih terdiri dari dua buah air terjun mini.  Berbeda dengan air terjun yang umumnya tinggi ramping dan tegak lurus, kedua air terjun ini berada pada medan slop/miring pada tanah dengan kandungan kapur. Air yang ditumpahkan pun melebar ke sisi kiri dan kanan, bertingkat-tingkat.  Aek Sijornih berarti air yang jernih.  Di musim hujan atau kemarau, air terjun ini  senantiasa selalu jernih.
Pada aliran air terjun pertama (sebelah kiri) dibiarkan mengalir dalam bentuk parit-parit kecil. Sedangkan yang berada di sebelah kanan (aliran yang lebih besar) ditampung dalam kolam-kolam buatan untuk pemandian. Kolam-kolam tersebut terbagi dua. Ada yang besar, ada yang kecil. Yang kecil dibuat dengan kedalaman setengah meter untuk anak-anak, sedangkan yang besar dengan kedalaman lebih dari satu meter untuk orang dewasa. Dari kolam dewasa, pengunjung dapat naik ke atas menelusuri aliran sungai dan dapat memilih tempat yang nyaman.
Sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi.  Konon, pada musim hujan, sumber air yang mengandung kapur di perbukitan itu tidak pernah keruh. Sedang  pada musim kering, curah air justru semakin meningkat.
Lokasi
Terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi,Kabupaten Tapanuli Selatan, Propinsi Sumatera Utara.
Aksesbilitas
Berjarak sekitar 35 km arah timur dari Padang Sidempuan.  Dapat dicapai dengan kendaraan umum antara lain becak motor, angkot, bis mini dan bis lintasan timur sumatera selama kurang lebih satu jam dari Kota Padangsidempuan.
Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 5000/orang.
Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang tersedia antara lain musholla, toilet, kamar ganti dan beberapa saung atau gubuk-gubuk untuk peristirahatan pengunjung dapat dijumpai di dalam areal tersebut.  Pada bagian bawah gubuk-gubuk, terdapat kolam-kolam kecil berisi beberapa ekor ikan yang sengaja diletakkan di sana. Menurut pemiliknya, selain bisa beristirahat di gubuk, pengunjung dapat memesan ikan goreng sekaligus.  Juga beberapa tempat jajanan tersedia di sekitar kolam tersebut.
Ada sebuah jembatan kayu yang lintasannya hanya berkisar setengah meter, melintang membelah Batang Angkola (Sungai Angkola) dan mengantarkan Anda ke pelataran luas yang dipayungi puluhan pohon kelapa.

2. Air Terjun Batu Lobang – Tapanuli Tengah


Air Terjun Batu Lobang berada di kawasan terowangan Batu Lobang dan terdiri dari tiga air terjun yang mengalir menuju sungai Kota Sibolga. Air terjun pertama dapat dijumpai saat akan tiba di lokasi Batu Lobang.  Dua lainnya berada tepat di atas Batu Lobang.
Lokasi
Terletak di Desa Simaninggir, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah, Propinsi Sumatera Utara.
Aksesbilitas
Berjarak sekitar 7 km dari dari Sibolga menuju Tarutung-Medan. Kendati hanya berjarak beberapa kilometer dari Sibolga tapi perjalanan menuju Batu Lubang memakan waktu sekitar 20 Menit karena harus melewati jalan menanjak dan berliku di sisi lereng Bukit Barisan. Dari Sibolga menuju Batu Lubang kita harus ekstra hati-hati membawa kendaraan karena di sebelah kanan adalah pegunungan yang menjulang tinggi dan disebelah kiri adalah jurang yang curam.

3. Air Terjun Bukit Lawang – Langkat


Air Terjun Bukit Lawang berada di objek wisata Bukit Lawang, Taman Nasional Gunung Leuseur Di kawasan akan dijumpai Pusat rehabilitasi Orang Utan yang merupakan program kerja sebuah badan dunia World Wide Life Fund (WWF).  Dilokasi ini dapat disaksikan bagaimana para petugas merehabilitasi perikehidupan orang utan yang selama ini tak mengenal alam terbuka sebagai habitat kehidupannya.
Lokasi
Terletak di Desa Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara.
Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas yang ada antara lain cottage (pondok wisata), restaurant, gerai suvenir, money changer, kios telepon umum dan camping ground.


4. Air Terjun Belingking – Karo

Air terjun ini berbeda dengan air terjun lainnya, karena jatuhan airnya bertingkat tiga dengan ketinggian jatuh keseluruhan 100 m dan berlokasi dekat dengan perkampungan penduduk.
Lokasi
Terletak di Desa Mbyridi, Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara.
Aksesbilitas
Berjarak 45 km dari Kota Brastagi.  Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

5. Air Terjun Hatonduan – Simalungun

Air Terjun Hatonduan berada di areal perkebunan kelapa sawit PTP N IV Hatonduan.  Air terjun ini dialiri sungai Bahapasu
Lokasi
Terletak di Dusun Buntu Bayu, Nagori (Desa Tonduhan), Kecamatan Hatonduan, Kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara.
Aksesbilitas
Berjarak 33 km dari kota Pematang Siantar (waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan) atau 2,6 km dari kantor camat Tonduhan.  Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dan umum.  Kondisi jalan menuju kesana sebagian beraspal baik akan tetapi sekitar 1300 m belum beraspal.  Dari areal parkir perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 150 m menuju lokasi air terjun berada.

6. Air Terjun Lae Simbilulu – Pakpak Bharat

Air Terjun Simbilulu memiliki ketinggian + 12m dengan kedalaman kolamnya + 5m dan luasnya 60m2.
Lokasi
Terletak di Desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat, Propinsi Sumatera Utara.
Aksesbilitas
Berjarak + 5 km dari Tinada atau + 20 km dari Sidikalang.

7. Air Terjun Dua Warna – Deli Serdang

Air Terjun Dua Warna atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Telaga Bitu Sibolangit memiliki ketinggian terjunan air sekitar 75 meter dan berada di ketinggain 1475 m dpl.  Air terjun ini terletak di hulu Sungai Sinembah 1 dan terbentuk dari letusan letusan gunung Sibayak ratusan tahun silam.
Lokasi
Letaknya pun tidak jauh dari Kota Medan, hanya 1 jam perjalanan saja yakni di Bumi Perkemahan Sibolangit, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kab Deli Serdang. Dari lokasi ini kita akan memulai perjalanan masuk hutan atau hiking selama 3 jam untuk sampai di lokasi air terjun.

8. Air Terjun Lae Une – Pakpak Bharat


Ketinggian Air Terjun Lae Une + 10m, dengan kedalaman + 15m dan luas sampuran nya + 160m2.
Lokasi
Terletak di Desa Kecupak, Kecamatan Pergetteng-Getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat, Propinsi Sumatera Utara.
Aksesbilitas
Berjarak +5 km dari Salak (ibukota kabupaten Pakpak Bharat), atau + 20 km dari Sidikalang atau ± 5 jam dari Kota Medan.

9. Air Terjun Loknya


Loknya adalah singkatan dari Lokasi Nyaman. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Medan. Karena itu jugalah, banyak yang menjadikan objek wisata alam pegunungan ini sebagai salah satu tempat yang ramai dikunjungi di akhir pekan atau saat liburan.
Lokasi
Terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Proapinsi Su+matera Utara.
Aksesbilitas
Dapat ditempuh dengan segala jenis kendaraan
Fasilitas dan Parkir
Tersedia lahan parkir yang cukup luas dan juga tersedia banyak pondol-pondok tempat untuk beristirahat yang disewakan dengan harga yang terjangkau.
Tiket dan Parkir
Tiket masuk sebesar 3000 rupiah per orang. Khusus untuk rombongan yang menggunakan mobil pribadi atau angkutan umum serta mobil wisata tidak dihitung per orangan, tetapi  biasanya dibulatkan menjadi tiga puluh ribu.

10. Air Terjun Lau Berte – Langkat


Air Terjun Lau Berte memiliki ketinggian 40 m. Terletak di Sungai Bingai.
Lokasi
Terletak di Kecamatan Sungai Bingai, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara.
Aksesbilitas
Berjarak sekitar 10 km di sebelah utara Pekan Namu Ukur atau sekitar 28 Km dari kota Binjai.  Dapat ditempuh dengan mini bus atau sepeda motor dari kota Bingai dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.  Kondisi jalan menuju kesana kurang baik.
Selanjutnya dari pintu rimba diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 20-30 menit menuju lokasi air terjun.
Berjarak +5 km dari Salak (ibukota kabupaten Pakpak Bharat), atau + 20 km dari Sidikalang atau ± 5 jam dari Kota Medan.


4 komentar:

  1. Replies
    1. hehehe. udah di published bang, cek disini bang. http://anthonynh.blogspot.com/2012/12/7-air-terjun-di-sumatera-utara.html

      Delete

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....