Festifal Pariwisata dan Budaya di Kota Sibolga

Kota Sibolga

Dilaksanakan untuk memperingati hari pariwiata dunia pada tanggal 17 september setiap tahunnya. Adapun kegiatan dalam rangka hari pariwisata dan pesta budaya ini adalah:
  1. Jalan Santai Hari Pariwisata
    Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Sibolga dengan melewati rute yang telah ditentukan. Acara ini juga dibarengi dengan berbagai hiburan dan lucky draw untuk menambah animo dan motivasi seluruh masysrakat. Kegiatan ini juga berguna sebagai wahana mempererat tali silaturahmi diantara kalangan Pemerintah Kota dengan masyarakat.
     
  2. Lomba Lari Lintas Wisata Alam
    Disebut lomba lari lintas wisata alam dikarenakan rute dari lomba ini adalah objek wisata dan daerah yang sedang dikembangkan menjadi tempat wisata di kota ini. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan daerah-daerah wisata yang dilalui. Peserta lomba dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu kategori pelajar dan kategori umum sekota sibolga. Diharapkan untuk tahun-tahun berikutnya lomba lari lintas wisata alam ini akan ditingkatkan lagi tarafnya menjadi perlombaan antar daerah (kabupaten/ kota) sehingga kota ini lebih dikenal luas di propinsi sumatera utara  dan nasional.
     
  3. Lomba Memancing Tagak-Tagak
    Diartikan sebagai lomba memancing berdiri, peserta lomba ini masuk kelaut, berdiri dan menyebar di lokasi yang telah ditentukan. Dari beberapa kali pelaksanaan, lomba ini adalah yang paling diminati dan paling banyak peserta dikarenakan oleh latar belakang belakang masyarakat Sibolga yang sebagian besar adalah nelayan tradisional disamping para pejabat dan tokoh masyarakat yang ikut berpartisipasi karena hobi tersendiri.
     
  4. Lomba Dayung Perahu
    Yang menarik dari lomba ini adalah perahu yang digunakan adalah perahu nelayan tradisional yang berukuran kecil ± 3 meter dan dihias dengan corak budaya pesisir. Peserta lomba 2 orang dalam satu team/ satu perahu, dan diperlukan keseimbangan untuk mengendalikan perahu agar tidak tenggelam melintasi rute yang ber ombak.
     
  5. Lomba Melukis Panorama
    Dibagi menjadi dua kategori (kategori pelajar  dan umum). Lomba ini menjadikan daerah-daerah wisata sebagai objek lukisan para peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari potensi-potensi muda dan berbakat dalam melukis. Tingkat kesulitan lomba ini salah satunya adalah melukis objek ditempat lain yang jauh dari tempat para peserta duduk sehingga memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi. Keserasian tema dengan gambar juga menjadi penilaian tersendiri bagi dewan juri.
     
  6. Lomba Foto Objek Wisata
    S
    elain lomba melukis panorama, juga dilaksanakan lomba foto objek wisata di Kota Sibolga. Lomba ini diperuntukkan kepada masyarakat umum dengan menggunakan berbagai macam jenis kamera baik kamera pocket maupun kamera digital/ zoom.
     
  7. Lomba Vokal Group Lagu Daerah
    Lomba ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan eksistensi lagu-lagu daerah Kota Sibolga yang multi etnis. Dibagi menjadi dua kategori (pelajar dan umum), peserta lomba ini hanya diperkenankan memakai alat- alat musik tradisional (akustik).
     
  8. Lomba Karnaval Budaya
    Kota Sibolga terdiri dari berbagai etnis (suku). Tak kurang dari 15 etnis yang mendiami Kota kecil ini sehingga biasa dijuluki dengan kota berbilang kaum. Karnaval budaya ini menampilkan berbagai macam seni budaya dari masing-masing etnis mulai dari pakaian tradisional dan assesorisnya sampai lagu daerah diiringi alat musik tersendiri. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan adat, seni budaya masing-masing etnis ditambah dengan peserta karnaval dari Instansi Pemerintah dan BUMN/BUMD.
     
  9. Lomba Renang
    Dikenal dengan pantai dan pulaunya, menjadikan lomba renang sebagai salah satu olahraga yang sering dilaksanakan dalam berbagai perayaan. Lokasi lomba biasanya bergantian dari tempat yang satu ke tempat lainnya yang juga merupakan objek wisata yang sedang dipromosikan. Lomba ini dibagi menjadi dua kategori (putra dan putri) dan masih bertaraf lokal. Selanjutnya mulai tahun depan direncanakan kegiatan ini dilaksanakan untuk tingkat propinsi bersama lomba lari lintas wisata alam dan lomba perahu dayung tradisional.
     
  10. Festival Band
    Festival ini merupakan salah satu sarana hiburan yang rutin dilaksanakan pada puncak perayaan Hari Pariwisata dan Pesta Budaya Kota Sibolga

1 komentar:

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....