informasi pariwisata dan budaya di Sumatera Utara

Kuil Shri Mariamman - Medan

Ingin menikmati suasana yang berbeda dengan berwisata religi ke kota Medan? silahkan brkunjung ke salah satu destinasi wisata religi yang terkenal di ibukota provinsi Sumatera Utara ini, kuil Shri Mariaman

Kuil ini adalah kuil Hindu tertua di Kota Medan, Sumatera Utara.Kuil ini terletak di kawasan yang dikenal sebagai Kampung Keling. Kuil yang menstanakan lima dewa, masing-masing Dewa Siwa, Wisnu, Ganesha, Dewi Durga (Kali), dan Dewi Aman itu dikelola salah seorang keluarga pemilik perusahaan besar Texmaco, Lila Marimutu Pintu gerbangnya dihiasi sebuah gopuram, yaitu menara bertingkat yang biasanya dapat ditemukan di pintu gerbang kuil-kuil Hindu dari India Selatan atau semacam gapura.

Sebuah kuil Hindu yang dipersembahkan untuk memuja dewi Mariamman. Kuil ini merupakan kuil Hindu pertama yang dibangun oleh masyarakat keturunan India (khususnya etnis Tamil) yang saya pernah kunjungi di negeri ini.

 Kuil Shri Mariamman adalah sebuah kuil yang pertama kali dibangun pada tahun 1888 oleh Rengga Sani Naiger, pada tahun yang sama dimulainya pembangunan Istana Maimun dari Kesultanan Deli, dan telah direnovasi sebanyak dua kali setelah itu. Kuil ini, yang merupakan kuil Hindu tertua di kota Medan, lokasinya berada di Jl. Teuku Umar No.18 dengan pintu gerbang menghadap ke timur, dan dinding sebelah kanannya berada di Jl. Zainul Arifin.

No comments:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....