Museum Pusaka - Nias




Ingin menikmati replika semua hal tentang Nias? berkunjunglah ke Museum Pusako Nias. 

Museum yang diprakarsai oleh pendeta Jhon ini memiliki kurang lebih 6000 koleksi. Jumlah yang cukup banyak, hal ini menjadi sebuah bukti bahwa kebudayaan Nias sangat berwarna.

How To Get 
Museum Pusaka Nias terletak di Kota Gunung Sitoli, persisnya di jalan Yos Sudarso, no 134 A. 

What To See 
Dibagian dalam bangunan museum terdapat 5 paviliun, setiapnya digunakan dengan baik oleh pengelola untuk menunjukkan kekayaan budaya dan alam Nias. 

Paviliun 1: Terdapat artefak yang menunjukkan pola kehidupan Ono Niha sejak jaman dahulu. 

Paviliun 2: Menyimpan benda-benda yang kerap digunakan didalam penyelenggaran upacara adat masyarakat Nias, mulai dari pakaian, perhiasan, peralatan hidup. Selain itu terdapat juga rumah tradisional suku Nias. 

Paviliun 3: Menyuguhkan alur kehidupan masyarakat nias, peralatan sehari-hari, rumah, dan salah satu yang tentunya akan membuat anda tercengang adalah peralatan yang dulu digunakan untuk memburu kepala manusia. 

Paviliun 4: Di tempat ini khusus untuk menyimpan simbol keagungan sejarah leluhur masyarakat Nias yang diwujudkan dengan sebuah batu besar. 

Paviliun 5: Gedung ini digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event, mulai dari seminar, diskusi, dan lain sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....