informasi pariwisata dan budaya di Sumatera Utara

Faktor-faktor komunikasi

a. Faktor Psikologis
Dalam perspektif psikologis diyakini bahwa tidak ada individu yang sama identik dengan individu lain. Apa yang dianggap sama seseungguhnya hanyalah kemiripan-kemiripan. Dalam kemiripan-kemiripan itu banyak sekali terdapat perbedaan-perbedaan.
b. Faktor Sosiologis Politik
seseorang yang terlibat dalam interaksi sosial? Jawabnya karena pendapat umum mewakili citra superioritas, sehingga ada keyakinan bahwa barangsiapa menguasai pendapat umum, maka ia akan bias mengendalikan orang lain. Apa yang disebut “menguasai” sesungguhnya tidaklah tepat, sebab pendapat umum bukanlah barang atau sesuatu yang bisa dimiliki.
c. Faktor Budaya
Budaya (cultural) mempunyai pengertian yang beraneka ragam.Umumnya, budaya diartikan sebagai seperangkat nilai yang dipergunakan untukmengelola kehidupan manusia untuk memelihara hidupnya, menjaga dari gangguan internal maupun eksternal, dan mengembangkannya.
Samovar dan Ricard E. Porter, yang secara langsung mempengaruhi persepsi kita
ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain, yakni:
Kepercayaan (believe), nilai (values), dan sikap (attitudes)
Pandangan dunia (world view)
Organisasi sosial (social organization)
Tabiat manusia (human natural)
Orientasi kegiatan (activity orientation)
Persepsi tentang diri dan orang lain (perception of self and others).



No comments:

Post a Comment

Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....