Fungsi kerja
Public Relations
1.
Pemprograman (Programming), menganalisis masalah dan peluang, mendefenisikan
tujuan dan publik, serta merekomendasikan dan merencanakan kegiatan.
2. Hubungan
(Relationship), seorang PR yang sukses adalah mereka yang mengembangkan
kemampuan dalam mengumpulkan informasi dari manajemen, kolega, didalam
organisasi mereka dan sumber sumber eksternal untuk memperkuat ikatan
organisasi mereka dengan kelompok eksternal seperti dengan media, pimpinan
komunitas, investor dan lain-lain.
3. Penulisan
dan pengeditan (Writing & Editing), bahasa tulis sering menjadi alat yang
penting dalam membuat laporan, merilis berita, buklet, pidato, artikel,
newsletter baik kepada personel organisasi maupun ke pihak luar organisasi.
Oleh karna itu gaya penulisan yang jelas adalah sebuah keharusan dalam PR agar
pesan terkomunikasikan secara efektif.
4. Informasi
(Information), tugas penting dari PR adalah berbagi informasi dengan surat
kabar yang sesuai, siaran radio, editor penerbitan untuk memasukkan kepentingan
mereka dalam sebuah publikasi berita atau fitur dari sebuah organisasi.
5. Produksi
(Production), beragam publikasi laporan khusus film dan progam multimedia
merupakan cara-cara yang penting dalam berkomunikasi. Praktisi PR tidak perlu
ahli dalam hal seni, tata letak, tipografi, dan fotografi, tetapi dia harus
memiliki latar belakang yang cukup dalam hal pengetahuan teknis agar mereka
dapat merencanakan dengan cerdas menyupervisi kegunaan berbagai bentuk media
komunikasi tersebut.
6. Acara
Spesial (Special Event), konferensi berita, pameran konvensi, dan pertunjukkan
khusus, program lomba dan pemberian penghargaan adalah beberapa event spesial
yang dapat digunakan untuk memperoleh perhatian dan penerimaan publik dimana
membutuhkan perencanaan, koordinasi yang matang
7. Berbicara
(Speaking), semua pekerjaan PR sering membutuhkan komunikasi tatap muka mencari
platform yang cocok menyampaikan pidato, dan mempersiapkan pidato untuk orang
lain.
8. Riset dan
Evaluasi (Research and Evaluation), semua pekerjaan PR didukung dan didasari
oleh riset tentang isu, organisasi, masyarakat, kompetisi, dan akan
menghabiskan banyak waktu dalam memasukkan hasil riset mereka sebagai
pertimbangan dalam pernyataan resmi organisasi, kampanye komunikasi.
No comments:
Post a Comment
Pengujung yang baik, pasti tidak lupa berkomentar. :)
Terimakasih.....